Unduh Aplikasi

Puas dan Terhormat

Puas dan Terhormat
Ilustrasi: ACC Senior Services.

GUBERNUR Aceh Nova Irianysah berterima kasih kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh. Rekan-rekannya di Gedung Parlemen Aceh itu telah mengawasi pelaksanaan APBA 2019. 

Yang lebih penting, rekan-rekan di Gedung Parlemen Aceh juga melaksanakan Rapat Pembahasan Rancangan Qanun Aceh tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA Tahun 2019. 

Ucapan terima kasih ini sangat spesial karena sebelumnya DPR Aceh menutup pintu bagi Nova untuk melaporkan hal ini sesuai cara yang ditentukan oleh aturan. 

Namun semua berubah. Tentu saja ini terkait dengan arahan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Dia meminta agar pertanggungjawaban APBA 2019 ditetapkan dengan qanun setelah datang ke Aceh untuk melantik Nova. 

Pengesahan rancangan qanun Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA 2019 merupakan keharusan dan mutlak sebagai syarat dilakukannya pembahasan raqan Perubahan APBA 2020. 

Tidak hanya adanya Qanun Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA 2019, tapi juga harus diikuti dengan adanya dokumen laporan realisasi anggaran (LRA) hingga Juni 2020 terkait APBA 2020.

Jika kedua dokumen ini tidak ada, maka tahapan pengadaan raqan Perubahan APBA 2020 tidak bisa dilaksanakan. Artinya, saran dan instruksi dari Kemendagri, melalui Dirjen Bina Keuangan Daerah, tidak bisa dilaksanakan.

Padahal pembahasan dan pengesahan Qanun Perubahan APBA 2020 inilah merupakan media rekonsiliasi antara Pemerintah Aceh dan DPRA. 

Rekonsiliasi ini harus dimaknai sebagai jalan mengakomodir “kepentingan” DPR Aceh dan eksekutif. Karena semua harus terpuaskan dan terhormat di mata publik. He he he.

Komentar

Loading...