Unduh Aplikasi

PTUN Banda Aceh Kabulkan Gugatan 32 PNS Pemkab Simeulue

PTUN Banda Aceh Kabulkan Gugatan 32 PNS Pemkab Simeulue
Sidang putusan gugatan 32 PNS Simeulue. Foto: Tommy

BANDA ACEH - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh mengabulkan gugatan 32 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dicopot jabatannya oleh Bupati Simeulue, Erly Hasyim.

Putusan tersebut dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim, Yusri Arbi bersama dua anggotanya Azzahrawi dan Vandi Kurniawan pada sidang pamungkas di Pengadilan setempat, Senin (3/9).

Dalam putusannya, majelis hakim juga mewajibkan kepada tergugat yakni Bupati Simeulue untuk mencabut objek sengketa berupa Surat Keputusan (SK) tentang pemberhentian dan pengangkatan PNS.

Pada pertimbangan majelis hakim, SK Bupati Simeulue yang menjobkan 32 Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku.

"Tergugat diwajibkan untuk merehabilitasi nama para penggugat atas hak dan martabatnya selaku Aparatur Sipil Negara (ASN), setidak-tidaknya mengembalikan dalam jabatan semula atau setingkat," kata Majelis Hakim.

Sebelumnya, sebanyak 32 PNS di lingkungan Pemkab Simeulue menggugat bupati setempat ke PTUN Banda Aceh terkait pencopotan jabatan dan penurunan jabatan eselon oleh Bupati tanpa melalui penilaian Badan Pertimbangan Jabatan atau Baperjakat setempat.

Dengan dikeluarkannya SK Bupati Simeulue, para penggugat diperlakukan tidak adil dan sewenang-wenang. Di mana, mutasi jabatan tersebut dilakukan tanpa didasari prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Atas putusan itu, M.Reza Maulana, selaku penggugat 32 PNS itu menerima putusan majelis hakim. Sementara kuasa hukum Pemkab Simeulue akan mempertimbangkan putusan majelis hakim.

"Saat ini belum bisa saya sampaikan apakah menerima putusan hakim atau banding. Kita akan koordinasikan dulu terkait putusan tersebut," kata Raja Inal Manurung selaku kuasa hukum Pemkab Simeulue.

iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...