Unduh Aplikasi

BELUM DIKETAHUI PEMILIKNYA

PT Mifa Berusaha Bersihkan Ceceran Batu Bara di Pantai Desa Peunaga Pasie

PT Mifa Berusaha Bersihkan Ceceran Batu Bara di Pantai Desa Peunaga Pasie
Foto: Ist

ACEH BARAT - Wakil Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara Indra Basudewa didampingi External Relations, CSR & Corcomm Senior Manager, Azizon Nurza, Minggu (1/9) di Meulaboh, mengatakan PT Mifa Bersaudara selalu berazaz kepada good mining practice (pengelolaan pertambangan yang baik dan benar) dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dokumen kelayakan operasi serta penanganan lingkungan yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui dinas terkait.

"Dalam prosesnya, secara berkala Mifa menjalankan kebijakan dan melaporkan hasil kegiatan pengelolaan sosial lingkungan dan operasional, serta perusahaan secara rutin diinspeksi oleh instansi terkait baik dari ESDM, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Ketenagakerjaan, Perpajakan dan pihak yang berkompeten lainnya dan hingga saat ini Mifa selalu patuh dan taat menjalankan semua rekomendasi dari hasil inspeksi dan pengawasan langsung," jelas Indra.

Terkait adanya ceceran batubara di sepanjang Pantai Desa Peunaga Pasie, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, manajemen PT Mifa Bersaudara belum bisa memberikan keterangan secara pasti terkait kepemilikan batubara tersebut.

Indra menjelaskan bahwa pada Rabu (28/8), pihak Mifa telah melakukan pembersihan ceceran batubara di sepanjang pantai Desa Peunaga Pasie, meskipun pada saat itu belum diketahui siapa sebenarnya pemilik batubara tersebut.

"Tim perusahaan bersama keuchik dan panglima laot wilayah tersebut telah melakukan pembersihan di sepanjang pesisir pantai sebagai tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar wilayah operasional PT Mifa, meskipun saat itu kita belum mengetahui kepemilikan batubara tersebut," jelas Indra.

Karena cuaca ekstrim, Indra mengatakan bahwa sehari kemudian ceceran batubara kembali mengotori pantai Peunaga Pasie.

"Saat ini, kondisi dari hasil pengecekan dari tim Mifa batubara tersebut bercampur dengan banyak sampah, maka untuk membersihkannya Mifa sedang mensurvei dan kemungkinan akan menggunakan alat berat untuk membantu proses pembersihan," ujarnya.

Komentar

Loading...