Unduh Aplikasi

PT Kalista Alam Belum di Eksekusi, YARA Surati Presiden

PT Kalista Alam Belum di Eksekusi, YARA Surati Presiden
Kalista alam, Foto : Mongabay
BANDA ACEH - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) menyurati Presiden Jokowi untuk segera mengeksekusi PT Kalista Alam yang telah di vonis untuk menganti kerugian negara secara materiil sebesar Rp 114 miliar ke kas negara serta dana pemulihan lahan Rp 251 miliar.

"Vonis sudah tertuang dalam putusan Perkara Nomor 651 K/PDT/2015 ini diadili oleh ketua majelis hakim Takdir Rahmadi dengan anggota Nurul Elmiyah dan I Gusti Agung Sumanatha," kata Direktur YARA, Safaruddin kepada AJNN, Kamis (22/10).

Perkara itu, kata Safaruddin, masuk pada 3 Maret 2015 dan divonis pada 28 Agustus 2015. Eksekusi ini sangat penting, Menurutnya, selain untuk menunjukkan kewibawaan hukum juga sebagai contoh bagi perusahaan yang lain agar tidak merusak lingkungan dalam melakukan usahanya.

"Masyarakat Aceh sampai menjadi korban lagi akibat perbuatan nakal dari perusahaan yang melakukan pembakaran hutan seperti di Riau, Kalimantan Tengah dan Jambi," tegasnya

Presiden, tambah Safar, harus segera memerintahkan Jaksa Agung untuk melakukan eksekusi seperti yang di lakukan terhadap Yayasan supersemar, ketika sebuah perkara sudah berkekuatan hukum tetap maka negara harus segera bertindak ke tahapan selanjutnya yaitu mengeksekusi putusan tersebut.

"Siapapun itu wajib di eksekusi karena hukum tidak memandang status sosialnya, jangan sampai rakyat beranggapan bahwa hukum itu tajam ke bawah tumpul ke atas. Kami menunggu jawaban presiden selama 30 hari dari surat ini," tegasnya.

|FAUZUL HUSNI

Komentar

Loading...