Unduh Aplikasi

PERUSAHAAN DAFTAR HITAM

PT Joglo Multi Ayu Juga Menang Tender di Simeulue

PT Joglo Multi Ayu Juga Menang Tender di Simeulue
Pengumuman pemenang tender pembangunan Gedung Olahraga Tipe B di Kabupaten Simeulue. Foto: Ist

BANDA ACEH - Selain memenangkan tender proyek lanjutan pembangunan rehab kolam renang Tirta Raya Banda Aceh, PT Joglo Multi Ayu juga menang dalam proyek pembangunan Gedung Olahraga Tipe B di Kabupaten Simeulue.

PT Joglo Multi Ayu diketahui sudah masuk daftar hitam atau blacklist oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP). Bahkan pengumuman perusahaan daftar hitam juga sudah diungah dilaman LKPP.

Pantauan AJNN di laman LPSE Simeulue, proyek tersebut berada di bawah Dinas Pemuda Olahraga Simeulue. Alamat perusahaan itu yakni di Jalan Tanah Merdeka No 36, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta.

Pengumuman blacklist PT Joglo Multi Ayu, oleh  LKPP. Foto: Dok AJNN

Proyek pembangunan Gedung Olahraga Tipe B di Kabupaten Simeulue dengan pagu Rp 13,7 miliar. Perusahaan itu menang dengan harga penawaran Rp 13,6 miliar.

Dalam lama LKPP perusahaan itu masuk daftar hitam atau blacklist pada tanggal 18 Juli 2019. Masa berlaku sanksi terhadap perusahaan itu sejak 18 Februari 2019 hingga 18 Februari 2020.

Surat Keputusan (SK) penetapannya dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Pasaman Barat Sumatera Barat dan SK Penetapan Balcklist dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pasaman Barat.

Baca: Perusahaan Pemenang Tender Proyek Lanjutan Kolam Renang Tirta Raya Masuk Daftar Hitam

Koordinator Lembaga Pemantau Lelang Aceh (LPLA) Nasruddin Bahar meminta kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Simeulue untuk segera membatalkan pemenang proyek tersebut.

Jadwal tender pembangunan Gedung Olahraga Tipe B di Kabupaten Simeulue. Foto: Ist

Ia menjelaskan dalam Perpres 16/2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa diatur tentang larangan perusahaan yang masuk daftar hitam tidak dibenarkan melakanakan pekerjaan.

"Jika dalam perjalanan kontrak diketahui perusahaan yang menang tender termasuk dalam daftar hitam maka pihak Pengguna Anggaran atau Kuasa Pengguna Anggaran segera mengambil langkah langkah hukum dengan cara membatalkan kontrak," jelasnya.

Dari beberapa kasus perusahaan daftar hitam yang lolos memenagkan tender di Aceh, kata Nasruddin, Pokja seharusnya harus pro aktif melihat track record atau jejak rekam perusahaan yang mau dimenangkan.

"Kami sangat kecewa dengan sikap Pokja yang kami nilai tidak profesional. Dan terus menerus selalu mengulang kejadian yang sama," ujarnya.

Komentar

Loading...