Unduh Aplikasi

Proyek Pembangunan Pagar Tahap III KIA Ladong Rp 1,75 Miliar Dibatalkan

Proyek Pembangunan Pagar Tahap III KIA Ladong Rp 1,75 Miliar Dibatalkan
Paket pembangunan Pagar KIA Ladong. Foto: Ist

BANDA ACEH - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh membatalkan paket proyek pekerjaan pembangunan pagar tahap III Kawasan Industri Aceh (KIA) Ladong dengan nilai pagu Rp 1,75 miliar lebih. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Mohd Tanwier melalui Kasi Pengembangan Perwilayahan Industri, Dewi menyebutkan dibatalkannya paket tersebut dikarenakan pihak rekanan tidak akan mampu menyiapkan material yang dibutuhkan rentan waktu hingga akhir Desember 2020.

"Dengan waktu yang sangat singkat, dipastikan pekerjaan itu tidak dapat selesai tepat waktu. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak rekanan dan sepakat paket pembangunan ini dibatalkan," kata Dewi kepada AJNN pekan lalu.

Paket perkerjaan pagar KIA Ladong itu, kata Dewi, dimenangkan oleh CV Rawa Mulia. Dalam tahap tender, terdapat beberapa kali perubahan. Bahkan, harga penawaran pihak rekanan di bawah HPS Rp 1,74 miliar.

"Pihak pelaksana tidak membaca secara utuh pengadaan bahan di rencana kerja dan syarat-syarat atau RKS. Dalam RKS itu bahan pagar tersebut menggunakan bahan portabel dari pabrikan bukan hasil las," jelas Dewi.

Setelah diberikan waktu kepada pihak rekanan, lanjut Dewi, material pagar yang akan didatangkan membutuhkan waktu dua bulan lebih, sehingga dipastikan pekerjaan itu tidak akan siap. 

"Setelah dihitung-hitung oleh pihak rekanan, pekerjaan itu tidak akan selesai sampai akhir tahun ini. Sehingga kami selaku pihak penyelenggara tidak menandatanggani kontrak paket pekerjaan itu," katanya. 

Paket pekerjaan pembangunan pagar tahap III di KIA Ladong itu, kata Dewi akan dianggarkan kembali pada 2021 mendatang. Namun, tidak melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, tapi melalui Dinas teknis.

"Kedepan anggarannya tidak di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh lagi, tapi di Dinas Perkim," ungkap Dewi

Komentar

Loading...