Unduh Aplikasi

Proyek Jembatan Rangka Baja di Kembang Tanjong Mangkrak

Proyek Jembatan Rangka Baja di Kembang Tanjong Mangkrak
jembatan rangka baja di Pusong. Foto: AJNN/Salman

PIDIE-Masyarakat pesisir pantai Gampong Pusong, Kecamatan Kembang Tanjong, Kabupaten Pidie hingga kini belum bisa memanfaatkan jembatan rangka baja untuk menuju pusat kecamatan setempat. 

Bertahun-tahun masyarakat di sana terpaksa harus melewati perkampungan di Kabupaten Pidie Jaya untuk menuju pusat kecamatan. 

Informasi yang diperoleh AJNN, jembatan yang tergolong mewah itu mulai dibangun pada 2015 hingga 2017 dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) sebesar Rp 3 miliar, namun musibah gempa Pidie Jaya pada 2017 lalu mengakibatkan jembatan tersebut ambruk. 

Kemudian melalui dana hibah dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) sebesar Rp 30 miliar, jembatan itu kembali dibangun, namun hingga kini belum bisa dilalui masyarakat khusus Gampong Pusong, karena oprit belum dibangun. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samsul Bahri dikonfirmasi AJNN melalui selularnya, Senin (16/11) membenarkan jika jembatan rangka baja di Kecamatan Kembang Tanjong saat ini memang belum dapat dilintasi masyarakat karena bagian oprit belum dibangun. 

Pihaknya telah mengusulkan anggaran sekitar Rp 3 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk menuntaskan pembangunan oprit dan jalan di tahun 2020.

"Telah pernah pernah kita usulkan untuk pembangunan oprit dan jalan pada tahun ini namun gagal dibangun karena kondisi Pendemi COVID-19 sehingga terjadi pemotongan DAK, termasuk beberapa ruas jalan juga mengalami hal yang sama. Tahun ini kami kembali mengusulkan anggaran untuk pembangunan oprit dan jalan  pada jembatan tersebut," ujarnya. 

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...