Unduh Aplikasi

Proyek Jalan Trumon Batas Singkil, Baru Selesai Dikerjakan Sudah Rusak

Proyek Jalan Trumon Batas Singkil, Baru Selesai Dikerjakan Sudah Rusak
Papan nama proyek jalan Trumon-batas Singkil. Foto: For AJNN

BANDA ACEH - Proyek pembangunan jalan Trumon-batas Singkil, yang menghabiskan anggaran Rp 19 miliar lebih sudah mulai rusak. Padahal proyek yang dikerjakan oleh PT Bina Pratama Persada baru saja selesai dikerjakan.

Proyek jalan yang rusak itu terlihat di kawasan Buluh Sema, Kabupaten Aceh Selatan, dengan kondisi aspal terkelupas, retak dan terlihat banyak berlubang. Proyek tersebut bersumber dari dana Otsus tahun 2019, di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang PUPR Aceh.

Kondisi jalan yang sudah terlihat rusak di kawasan Buluh Sema. Foto: For AJNN

Koordinator Lembaga Pemantau Lelang Aceh, Nasruddin Bahar mengatakan proyek pengaspalan jalan tersebut seharusnya dikerjakan dengan baik, karena jalan ini dibangun untuk dipergunakan masyarakat dalam jangka waktu lama.

"Konsultan pengawasnya PT Nuansa Galaksi, dan kami menduga proyek ini dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai spesifikasi teknis," kata Nasruddin, Senin (10/2).

Kondisi jalan yang sudah terlihat rusak di kawasan Buluh Sema. Foto: For AJNN

Menurutnya buruknya kualitas pelaksanaan proyek tersebut diduga karena lemahnya pengawasan yang dilakukan pihak konsultan pengawas.

"Kami meminta kepada tim teknis PUPR Aceh untuk kembali turun kelapangan melakukan uji forensik dengan cara "Core drill" ulang untuk melihat ketebalan aspal di lapangan," ujarnya.

Ketebalan aspal proyek jalan Trumon-batas Singkil. Foto: For AJNN

Dalam pelaksanaan di lapangan, ia menduga tidak menggunakan tenaga ahli seperti yang dipersyaratkan dalam dokumen lelang sehingga wajar dan pantas hasil di lapangan tidak sesuai harapan.

"Kami meminta penegak hukum untuk meminta keterangan Pokja yang sudah menetapkan PT Bina Pratama Persada sebagai pemenang lelang. Kegagalan pekerjaan di lapangan karena Pokja salah memilih perusahaan, dan itu menjadi tanggung jawab Pokja," tegasnya

Komentar

Loading...