Unduh Aplikasi

Proyek Irigasi Sarat Masalah, Bupati Akui Lemahnya Pengawasan dan Perencanaan

Proyek Irigasi Sarat Masalah, Bupati Akui Lemahnya Pengawasan dan Perencanaan
Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB memantau irigasi yang sarat masalah. Foto: AJNN/Suar

ACEH JAYA - Pascatemuan beberapa bangunan irigasi bermasalah di Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Senin (24/2 sore. Bupati mengakui jika selama ini masih terdapat adanya kelemahan pihak pengawasan serta perencaan awal pembangunan.

"Ini kami melihat ada kelemahan pada tingkat konsultan pengawas, karena tidak maksimal diawasi, seharusnya konsultan pengawas itu setiap saat berada di lokasi pada saat dilaksanakan pembangunan," kata Bupati Aceh Jaya Irfan TB kepada AJNN di lokasi Irigasi Paya Laot, Senin (24/2) sore.

Selain itu, tambahnya, pengawasan internal selama ini pada dinas teknis yakni PUPR juga tidak maksimal dalam mengawasi pengerjaan, sehingga masih adanya pembangunan irigasi yang baru siap dibangun selang beberapa bulan sudah bocor hingga menyebabkan air tidak maksimal mengalir ke sawah.

Untuk itu, ia akan memerintahkan dinas teknis untuk memanggil pihak konsultan pengawas serta kontraktor pelaksana untuk membahas dimana letak kesalahannya serta mencari jalan keluar kedepannya.

Baca: Bupati Temukan Sejumlah Irigasi Sarat Masalah di Aceh Jaya

"Jika memang pelaksana sudah sesuai perencanaan serta tidak ditemukan masalah dalam pelaksanaan baru nanti akan kami usulkan dana rehabnya," ujar Irfan.

Menurutnya, saat ini irigasi memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi jika saat musim kemarau seperti ini. Harusnya irigasi yang sudah dibangun itu sudah bisa dimanfaatkan oleh para petani. Oleh sebab itu, pihaknya akan segera mencari solusi biar bisa secepatnya tertangani.

"Sejauh ini selain adanya kelemahan tingkat pengawasan kami juga melihat ada dua sisi kelemahan lainnya pada pembangunan irigasi selama ini, yang pertama pihak perencanaan dan yang kedua pihak pelaksanaan, ini yang kedepan harus dievaluas lagi," ungkap Irfan.

Komentar

Loading...