Unduh Aplikasi

Protokol Kesehatan Covid-19 di Pasar Pidie Jaya Masih Terabaikan

Protokol Kesehatan Covid-19 di Pasar Pidie Jaya Masih Terabaikan
Salah satu gang di pasar Meureudu yang disesaki ratusan warga disaat pandemi Covid-19. Foto: AJNN/Muksalmina

PIDIE JAYA - Protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 masih terabaikan di pasar-pasar Kabupaten Pidie Jaya jelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah,

Pantauan AJNN, Rabu (20/5), suasana pasar Meureudu riuh ramai, ribuan warga memadati pasar di Pusat Ibukota Pidie Jaya itu. Bahkan setiap gang di pasar tersebut disesaki rastusan warga guna membeli berbagai kebutuhan persiapan lebaran.

"Mungkin karena hari ini hari pekan di Meureudu, makanya ramai warga yang ke pasar untuk membeli kebutuhan lebaran," kata salah seorang warga saat berbelanja di pasar Meureudu.

Sebelumnya, pelaksanaan hari meugang beberapa waktu lalu di kabupaten tersebut protokol kesehatan Covid-19 juga terabaikan. Padahal, jauh hari pemerintah telah mengeluarkan himbauan untuk menerapkan Physical Distancing dan Sosial Distancing.

Pemerintah juga menekankan bagi warga yang keluar rumah untuk mengunakan masker. Hal itu guna pencegahan penyebaran virus mematikan asal China tersebut.

Namun penerapan Physical Distancing dan Sosial Distancing sepertinya tidak berlaku di Pidie Jaya. Mungkin, warga disana tidak mengetahui kalau penyebaran virus corona masih mengancam dunia.

Bahkan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Pidie Jaya yang dibiayai miliaran rupiah dari APBK setempat tidak terlihat di pasar guna memberisi sosialisasi mengenai protokol kesehatan Covid-19 kepada ribuan warga yang memadati pasar Kecamatan Meureudu itu.

Ketua Pusdalops Tim Gugus Pidie Jaya, Okta Handipa menyebutkan, pihaknya baru akan turun ke pasar-pasar dalam kabupaten setempat disaat pelaksaan meugang yang jatuh pada hari Sabtu 23 Mei 2020.

"Rencana hari Sabtu ini kami sudah koordinasi dengan pihak terkait untuk memantau pelaksaan meugang," kata Okta melalui sambungan seluler.

Terkait keramaian di pasar pada hari-hari pekan, Tim Gugus telah mengeluarkan imbauan dan sosialisasi prototokol kesehetan Covid-19.

"Hari ini belum kami ambil momen. Rapat dengan pihak terkai, pasar akan dipantau pada hari meugang. Tapi nanti kami minta bantu dari kawan-kawan Satpol PP dan Muspika untuk memantau pasar hari ini," sebut Plt Kepala BDPD Pidie Jaya itu.

Komentar

Loading...