Unduh Aplikasi

PASCA GEMPA PIDIE JAYA 7 DESEMBER 2016

Proses Rehab Rekon Daftar Tunggu Dimulai

Proses Rehab Rekon Daftar Tunggu Dimulai
Proses pembangunan rehab rekon daftar tunggu korban gempa Pijay. Foto: AJNN.Net/Muksalmina

PIDIE JAYA - Rumah rusak akibat gempa Pidie Jaya 7 Desember 2016 lalu yang masuk dalam daftar tunggu kini dimulai pembangunannya. Selain 297 unit yang masuk kategori rusak berat, pada tahap daftar tunggu tersebut juga masuk 52 unit rusak sedang.

"Dananya sudah dikirim ke masing-masing pokmas sesuai dengan tahap, yaitu tahap pertama 40 persen. Setelah yang 40 persen itu siap dibangun, baru kemudian dicairkan 30 persen, 25 persen dan terakhir 5 persen," kata Kepala BPBD Pidie Jaya melalui Kabid Rehab Rekon, Aswan Aziz kepada AJNN, Kamis (23/5).

Proses rehab rekon daftar tunggu dananya yang bersumber dari sisa tahap awal atau dari pengalihan rusak sedang pada tahap awal sebesar Rp 25 milyar itu, pembangunannya langsung dikerjakan oleh kelompok masyarakat (pokmas).

Kepala BPBD Pidie Jaya, M Nasir pernah mengatakan, dana sisa Rp 25 milyar itu hanya untuk pembangunan kategori rumah rusak berat, dengan kata lain Rp 85 juta per rumah untuk 297 unit rumah.

Namun Aswan menyebutkan, selain 297 unit rusak berat itu, pada proses tahap tunggu ini juga dibangun 52 unit rusak sedang. Bantuan untuk rusak sedang sebesar Rp 20 juta per rumah.

"Kemarin 40 persen tahap pertama sudah ditransfer semua untuk rusak berat dan rusak sedang, dan langsung dikerjakan oleh pokmas. Rusak berat (Rb) 297 unit, rusak sedang (Rs) 52 unit, sumber dana dari yang sisa tahap awal sebesar Rp 25 miliar," jelas Aswan.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pidie Jaya, M Diwarsyah menyebutkan, dana yang selama ini tersimpan di kas daerah telah ditransfer ke rekening setiap pokmas.

"Sudah ditransfer semuanya, selang satu hari setelah anda telepon hari itu, berkas dari BPBD sudah lengkap, kita langsung transfer ke rekening pokmas," sebutnya.

Komentar

Loading...