Unduh Aplikasi

Profil Singkat Aiyub Abbas

Profil Singkat Aiyub Abbas
Aiyub Abbas

BANDA ACEH - H Aiyub Abbas atau dikalangan eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) akrab disapa Abua Muda adalah pria kelahiran Dusun Lhok Duuk, Gampong Sarah Panyang, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya (Pidie masa itu), 2 Mei 1969 atau 49 tahun silam.

Abua menempuh pendidikan di pesantren sekaligus Sekolah Menegah Pertama (SMP) Darussa’dah Pusat, Teupin Raya, Kabupaten Pidie. Usai lulus di pondok pesantren tersebut, Abua lantas terbang ke Tripoli, Libya untuk mengikuti pendidikan militer GAM pada tahun 1987.

Sejak konflik berkecambuk di Nanggroe Aceh Darussalam, dikalangan GAM, Abua Muda sudah dikenal sebagai orang yang sangat taat beribadah, walaupun dalam kondisi genting sekalipun.

"Abua dari masa konflik taat orangnya, salat tidak pernah tinggal, dan selalu berzikir disetiap waktu," kata mantan kombatan GAM, Islamsyah yang pernah bersama Aiyub Abbas saat Aceh beratatus Darurat Sipil.

Saat konflik bergemuruh di Aceh, Aiyub Abbas dalam struktur GAM dipercayakan menjabat sebagai Kapolda GAM wilayah Pidie (Pidie dan Pidie Jaya sekarang).

Selain agamis, Bupati Pidie Jaya nonaktif itu juga mempunyai sifat humoris. Namun, meski humoris, pria yang berperawakan tampan itu juga menerapkan sifat disiplin tegas dan bijaksana.

"Dari dulu semasa konflik, saya melihat beberapa kelebihan yang dimiliki Abua, disiplin, tegas dan bijaksana," kisah Islamsyah lagi.

Pasca damai antara RI dan GAM 15 Agustus 2005 dan Pidie Jaya dimekarkan dari Kabupaten Pidie pada tahun 2007, Abua dipilih sebagai pimpinan Komite Peralihan Aceh/ Partai Aceh KPA/PA Wilayah Pidie Jaya.

Aiyub Abbas memiliki empat orang anak dari pernikahannya dengan Darnawati M Jamil. Ke empat orang anaknya tersebut masing-masing dua laki-laki dan dua perempuan, yaitu M Nur Syahid, Fahril Mubarak, Nuruh Hidayah dan Filza Aufa.

Aiyub Abbas didampingi Said Mulyadi menjadi orang nomor satu di Pidie Jaya setelah memenangi Pilkada Pidie Jaya 2013 lalu yang diusung oleh Partai Aceh.

Sejumlah prestasi telah di peroleh Pidie Jaya selama kepemimpinan Aiyub Abbas-Said Mulyadi, seperti penataan keuangan yang membanggakan dengan memperoleh WTP dari BPK RI tiga kali beruntun, dan juga penangganan tanggap darurat bencana tercepat di seluruh Indonesia, serta sejumlah prestasi lainnya.

Aiyub Abbas-Said Mulyadi dinilai berhasil menjalankan roda Pemerintahan Pidie Jaya. Sehingga, Partai Aceh, PAN, Demokrat, PPP, PDI-P, Gerindra, PKS, dan PKPI kembali mengusung pasangan tersebut untuk melanjutkan program-program pro rakyat.

Komentar

Loading...