Unduh Aplikasi

Profil Almarhum Saifuddin Acun Gani

BANDA ACEH - Duka kembali menyambangi kalangan aktivis Aceh hari ini, Jumat (9/10). Pengacara Senior Saifuddin Acun Gani yang dalam beberapa waktu terakhir ini bergelut dengan penyakit, meninggal dunia.

Semua pihak merasa kehilangan khususnya aktivis Aceh yang mengenal Almarhum. Almarhum yang lahir di Langsa, 21 April 1960 memiliki satu orang istri yang bernama dr.Yenni Solfiyani dan 3 orang anak. Sehari-hari Almarhum tinggal di Dusun Seujahtera, Gampong Baro, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireun, Aceh.

Almarhum memulai pendidikanya di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Giging, Kemudian Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Langsa dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Sigli. Setelah lulus pada tahun 1987, Almarhum melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dengan mengambil Fakultas Hukum.

Banyak pelatihan yang sudah diikuti oleh Almarhum, baik pelatihan di tingkat Lokal, Nasional dan Internasional. Untuk diluar negeri sendiri, Almarhum pernah mengikuti pelatihan seperti di Perancis, Amerika. Selain itu, Beliau juga pernah menjadi juru runding mewakili Indonesia saat COHA.

Untuk pengalaman Organisasi, Almarhum pernah menjabat Sekretaris Umum Badan Pemusyawarah Mahasiswa Fakultas Hukum Unsyiah, Sekretaris Umum DPD Ikatan Penasihat Hukum Indonesia, Provinsi Aceh, Presidium Forum LSM Aceh dan Presidium Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).

Dalam riwayat pekerjaan, Almarhum pernah bekerja sebagai Wartawan Koran Kampus “Warta Unsyiah, Pengacara praktek pada LKBH Fakultas Hukum Unsyiah dan terakhir menjadi Advokat dan Konsultan Hukum.

Pada tahun 2013, Almarhum pernah mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD RI), Namun perjuangan beliau gagal karena kurangnya pemilih dari masyarakat.

FAUZUL HUSNI

Komentar

Loading...