Unduh Aplikasi

Presiden Jokowi Tetapkan Covid-19 sebagai Bencana Nasional

Presiden Jokowi Tetapkan Covid-19 sebagai Bencana Nasional
Muchlis-Biro Pers Sekretariat Preside

BANDA ACEH - Presiden Joko Widodo telah resmi menetapkan pandemi penyebaran virus corona (Covid-19) sebagai bencana nasional.

Kebijakan tersebut ditetapkan melalui  Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional.

"Menyatakan bencana nonalam yang diakibatkan oleh penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional," kata Presiden Jokowi pada poin pertama dalam Keppres tersebut seperti yang dikutip AJNN, Selasa (14/4).

Keputusan itu ditandatangani hari Senin, 13 April 2020 di Jakarta. Mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. Dan sudah diunggah pada situs website resmi Setneg.go.id.

Kemudian, pada poin kedua Keppres 12 Tahun 2020 itu disampaikan bahwa penanggulangan bencana nasional yang diakibatkan oleh penyebaran Covid-19 dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Hal itu sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, melalui sinergi antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

"Gubernur, Bupati, dan Wali Kota sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di daerah, dalam menetapkan kebijakan di daerah masing-masing harus memperhatikan kebijakan Pemerintah Pusat," tutur Jokowi dalam poin ketiga Keppres itu.

Realisasi APBK AJay

Komentar

Loading...