Unduh Aplikasi

Presentasi Pariwisata di Depan Menparekraf, Bupati Bener Meriah: Ara Kupi, Ara Cerite

Presentasi Pariwisata di Depan Menparekraf, Bupati Bener Meriah: Ara Kupi, Ara Cerite
Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi saat bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: IST.

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu (24/3/2021) menerima kunjungan Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi di Kantor Kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif (Kemenparekraf). 

Pada kesempatan tersebut Sandiaga Uno menyambut hangat kedatangan Sarkawi dan mempersilahkan pria yang akrab disapa Abuya itu untuk memaparkan sejumlah program pariwisata kabupaten Bener Meriah.

“Selamat datang bapak Bupati Bener Meriah, Abuya Tgk H Sarkawi bersama Kadis Pariwisata Irmansyah, dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ruslan, silahkan Pak Bupati untuk memaparkan programnya,” ujar Sandiaga Uno.

Mengawali pertemuan yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf tersebut, Abuya Sarkawi menyuguhkan video “Bener Meriah Harmoni” yang berisi tentang destinasi wisata, even-even, dan program pariwisata yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bener Meriah.

“Biarlah gambar yang berbicara, bagaimana indahnya Bener Meriah, Pak Menteri," ucap Abuya Sarkawi, mengawali presentasinya sekaligus pemutaran video yang memperlihatkan berbagai ragam alam, budaya dan pesona wisata Kopi yang dimiliki Kabupaten Bener Meriah itu.

Selanjutnya Abuya Sarkawi menjelaskan bahwa beberapa program pariwisata yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemkab Bener Meriah, antara lain peningkatan infrastuktur destinasi wisata, penyelenggaraan even-even berskala besar, Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku wisata dan ekonomi kreatif serta pembangunan fasilitas pendukung pariwisata.

Abuya Sarkawi menambahkan, bahwa empat program yang ia utarakan itu, sudah pasti sangat memerlukan dukungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar nantinya sektor pariwisata dapat menjadi salah satu sektor andalan penunjang ekonomi masyarakat di Kabupaten Bener Meriah selain pertanian.

Untuk meyakinkan Sandiaga Uno, Abuya Sarkawi juga mengutarakan bahwa kolaborasi wisata dengan pertanian menjadi Agrowisata adalah salah satu magnet yang menarik wisatawan untuk datang ke Bener Meriah, dengan upaya menjadikan Bener Meriah menjadi objek wisata kopi bertarap internasional oleh Kemenparekraf.

Diakhir Pemaparannya Abuya Sarkawi menyampaikan slogan promosi kopi dalam bahasa Gayo, “Ara kupi ara cerite, Len kupi len cerite, Dele kupi dele cerite, Siro ngupi Kite bercerite” (Ada Kopi ada cerita, lain kopi lain cerita, banyak kopi banyak cerita, sambil ngopi kita bercerita)," ujar Abuya Sarkawi yang diikuti oleh Menteri Sandiaga Uno.

Di akhir pertemuan itu, Abuya Sarkawi juga memberikan bingkisan bubuk kopi Arabika Gayo kepada Sandiaga Salahuddin Uno, dan secara spontan Sandiaga Uno memerintahkan jajarannya untuk menyuguhkan kopi Gayo itu untuk ia nikmati pada saat acara sedang berlangsung.

Selain Sarkawi, pertemuan dengan Sandiaga Uno tersebut juga di hadiri oleh 12 kepala daerah se-Indonesia, di mana mereka semua berkesempatan memaparkan program kegiatan Pariwisata di daerahnya masing-masing.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...