Unduh Aplikasi

Prancis Jalin Kerjasama Pendidikan Pasca Sarjana dengan UTU

Prancis Jalin Kerjasama Pendidikan Pasca Sarjana dengan UTU
Universitas Teuku Umar Meulaboh. Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BRAT - Pemerintah Prancis melalui Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste melakukan kerjasama bidang pendidikan dengan Universitas Teuku Umar Meulaboh.

Adapun bentuk kerjasama tersebut yakni kesempatan untuk meraih gelar pendidikan pasca sarjana di Prancis bagi lulusan kampus yang mengusung jargon Source of Inspiration.

Konsoler Kerjasama Direktur Nasional Institut Prancis, Stephane Dovert, mengatakan kerjasama tersebut dilakukan lantaran ingin membuat kampus tersebut terus maju dan berkembang.

Ditambakannya, sejak kampus tersebut dinegerikan tahun 2014 lalu terus maju. Dan menurutnya, capaian perkembangan yang terjadi di kampus itu sangat pesat dalam dunia pendidikan di Aceh.

"Ini (kampus) paling besar di Meulaboh, di barat selatan ini. Kampus ini maju terus, kita mau bantu. Saya rasa dalam beberapa bulan dan tahun kedepan ada mahasiswa disini dan dosen disini untuk menjalani kuliah di sekolah tinggi di Prancis," kata Stephane Dovert.

Agar kerjasama tersebut berjalan lancar, kata Stephane pihaknya juga akan menjumpai Pemerintah Provinsi terutama Gubernur Aceh untuk membahas kerjasama tersebut.

Tidak hanya UTU, kata dia, nantinya pihaknya juga akan membuka peluang bagi mahasiswa di Universitas lainnya di Aceh untuk dapat mengambil program pasca sarjana baik Strata-2 dan Strata-3 di negera yang terkenal akan merek parfume nya tersebut.

Disebutkannya, saat ini Pemerintah Prancis menyediakam anggaran sekitar 70 persen bagi warga negara lainnya untuk berkuliah di kampus tersebut.

"Nantinya juga akan adanya MoU antara pemerintah Prancis dengan Pemerintah Provinsi Aceh, sehingga mahasiswa Aceh yang memperoleh beasiswa daerah dapat kuliah disana. Dan Pemerintah Prancis juga menyediakan anggaran beasiswa 70 persen," ungkapnya.

Komentar

Loading...