Unduh Aplikasi

PESTA SABU DI KOMPLEK PENDOPO BUPATI PIDIE

Praktisi Hukum Pertanyakan SOP di Pendopo Bupati

Praktisi Hukum Pertanyakan SOP di Pendopo Bupati
Praktisi hukum Muharramsyah. Foto: AJNN/Salman

PIDIE - Praktisi hukum Muharramsyah mempertanyakan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan di Pondopo Bupati Pidie paska ditangkapnya empat tersangka yang diduga mengkonsumsi narkoba jenis sabu beberapa waktu lalu.

"Siapa yang bertanggung jawab terhadap keamanan pendopo yang menjaga dari orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal-hal negatif. Kan ada petugas penjagaan yang ditempatkan di pos, entah itu Polisi, Pol PP atau Satpam" kata Muharmsyah kepada AJNN, Rabu (22/1).

Muharam menuturkan, petugas keamanan adalah garda terdepan menjaga rumah dinas kepala dearah yang merupakan sebagai simbol negara. Mereka lah yang melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap setiap tamu dari luar yang berkunjung ke pendopo untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Bupati tugasnya bukan menjaga pendopo. Tugas bupati melayani kepentingan rakyat, menjamu tamu tamu kedinasan, dll. Jadi tidak ada urusan untuk mengurus Pendopo," tegas Muharram.

Persoalan ada yang mengatakan bahwa bupati selama ini tidak tinggal di pendopo sehingga terjadi hal-hal yang negatif, itu wajar-wajar saja, dan itu bisa diambil hikmahnya sehingga Bupati Pidie kedepan lebih sering tinggal Pendopo," ujarnya.

Baca: Pengembangan Kasus Sabu di Komplek Pendopo Bupati Pidie, Satu IRT Ditangkap

"Dengan kejadian itu bisa diambil hikmahnya sehingga Bupati Pidie kedepan lebih sering tinggal Pendopo," ujarnya.

"Saya pikir Bupati Pidie harus segera berkoordinasi dengan Kapolres Pidie guna memastikan dimana letak kelemahan penjagaan pendopo sehingga terjadinya tindak pidana narkotika tersebut, agar kedepannya Pemkab bisa melakukan evaluasi menyeluruh untuk perbaikan guna mencegah terulang kembali,"

Waka Polres Pidie Kompol Iskandar kepada AJNN, pada Senin (20/1) menyebutkan, ada dua personil Polisi yang ditugaskan untuk pengamanan di Pondopo Bupati Pidie. Kedua personil tersebut ditempatkan di pos penjagaan depan pintu utama Pondopo.

Lokasi empat pelaku mengkonsumsi sabu di komplek Pendopo Bupati Pidie agak jauh dari pos sehingga tidak diketahui oleh petugas keamanan. Apalagi ada tersangka yang memang tinggal dan tidur di pendopo.

"Ada tersangka yang memang selama ini tinggal dan tidur di Pendopo," ujarnya.

Untuk SOP Pendopo Bupati Pidie, kata Kompol Iskandar, bisa ditanyakan langsung kepada bupati atau Bagian Umum Sekdakab Pidie.

"Bagaimana SOP Pendopo, termasuk siapa-siapa saja yang tinggal di pendopo," kata Iskandar.

Komentar

Loading...