Unduh Aplikasi

Populasi Badak Sumatera di KEL Lebih dari 15 Ekor

Populasi Badak Sumatera di KEL Lebih dari 15 Ekor
Badak Sumatera terakhir di Malaysia bernama Iman, mati karena penyakit kanker yang dideritanya. (GOH CHAI HIN / AFP)

BANDA ACEH - Populasi Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) di wilayah Kawasan Ekosistem Leuser bagian barat lebih dari 15 ekor saja. Sementara di lanscape Leuser wilayah Timur di bawah dari 15 ekor.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Agus Arianto mengatakan, populasi Badak Sumatera yang masih di atas angka 15 ekor itu masih positif.

Meski begitu, lanjutnya, perlu ada aksi darurat dengan langkah-langkah untuk menyelamatkan populasi Badak Sumatera dari ancaman kepunahan.

"Maka di dalam rencana aksi darurat badak, disitu disebutkan bahwa perlu dilakukan langkah-langkah untuk memulihkan populasi di Leuser Timur yang jumlahnya kurang dari 15 ekor," kata Agus kepada AJNN.

Ia mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan unsur terkait sedang mengupayakan pembangunan  Suaka Badak Sumatera (SRS) yang terletak di wilayah Kabupaten Aceh Timur.

"Nah, penentuan lokasi Aceh Timur itu sudah melalui proses tim, yang telah berlangsung lama sejak tahun 2018," ujarnya.

Sehingga, kata Agus, hasil pertimbangan dari tim teknis menentukan Kabupaten Aceh Timur cocok untuk nantinya dikembangkan menjadi SBS. 

"Berdasarkan segi kelayakan tempat, ekonomi, topografi, luas wilayah, dan faktor-faktor yang mendukung untuk dibangun SRS. Itu ada tim teknis tersendiri," jelasnya. 

Adapun, tim tersebut meliputi unsur-unsur dari perguruan tinggi, akademisi, pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, serta Non Govermental Organization (NGO).

Sementara, untuk proses pembangunan, pihaknya masih melalui persiapan tahap administrasi untuk kelengkapan syarat pembangunan SRS. Untuk diketahui, lahan yang disiapkan seluas 7.200 hektare.

"Sebenarnya tahun ini sudah dilakukan pembangunan, tapi karena Covid-19 itu terkendala. Tapi pembangunan SRS ini sudah masuk tahap administrasi," pungkasnya.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...