Unduh Aplikasi

Polwan ini Bersuara Merdu dan Mahir Bergitar

Polwan ini Bersuara Merdu dan Mahir Bergitar
Bripda Nova Mauliza di Kantor Polres Aceh Utara. Foto: Safrizal
ACEH UTARA - Alunan lagu Tinggal Kenangan berpadu dengan dawai gitar akustik. Di hadapan wartawan, Nova Mauliza bersenandung dan memainkan alat musik dengan penuh penghayatan.

“Saat dia bernyanyi, dunia seperti berhenti berputar,” kata seorang wartawan yang hadir di , di kantor Kepolisian Resor Aceh Utara, Selasa lalu. “Suaranya benar-benar merdu.”

Nova bukan selebritas. Dia adalah anggota Kesatuan Sabara di Polres Aceh Utara berpangkat bripda. Dara berusia 21 tahun ini memang dikenal memiliki suara yang merdu oleh orang-orang di sekelilingnya. Jemarinya juga lincah memainkan dawai gitar.

Sebelum mendaftar dan diterima menjadi anggota kepolisian, Nova tercatat sebagai mahasiswa di jurusan kesenian Universitas Syiah Kuala. Pilihan yang tidak sulit, karena sejak kecil, Nova memang memiliki kegandrungan terhadap musik. Dia juga pandai menari.

“Seni itu sudah mengakar dalam kehidupan sejak saya masih kecil. Makanya saya memilih jurusan kesenian,” kata Nova.

Di dunia seni, Nova tergabung di Sanggar Tari Cut Putro Matangkuli. Dia juga pernah mewakili Aceh Utara ke Banda Aceh pada perhelatan Gita Bahana Nusantara pada 2013 mengatakan.

Namun panggilan menjadi seorang anggota polisi lebih kuat. Saat itu, pada 2014, Nova baru menjalani tahun pertama di kampus itu.
Namun dia memutuskan untuk mendaftar menjadi calon siswa kepolisian di Polda Aceh.

“Alhamdulillah, saya lewat setelah sebelumnya menjalani berbagai tes,” kata Nova.

Biarpun kini menjadi seorang polisi wanita, Nova mengaku selalu menyempatkan dirinya untuk bermain gitar sambil bernyanyi. Ini adalah cara Nova melepaskan penat usai menjalankan tugas sehari-hari.

Menjadi polisi juga mengharuskan dirinya menggali sisi seni yang berbeda. Bertemu dengan banyak orang dan menghadapi banyak
masalah, kata dia, memerlukan seni dan keahlian tersendiri, agar tugasnya sebagai seorang anggota polisi benar-benar memberikan arti kepada masyarakat dan negara.

Karena itu, Nova mengaku selalu menikmati kesehariannya. Walau terkadang terasa berat. “Bagi saya, semua harus dijalani sepenuh hati. Modalnya disiplin, jujur, dan iklas.”
 

Komentar

Loading...