Unduh Aplikasi

Polsek Johan Pahlawan Ringkus Komplotan Pencuri Rumah Kosong

Polsek Johan Pahlawan Ringkus Komplotan Pencuri Rumah Kosong
Komplotan pencuri rumah kosong
MEULABOH - Polisi Sektor (Polsek) Johan Pahlawan, Meulaboh, Aceh Barat berhasil meringkus komplotan pencuri yang kerap beraksi menggasak barang dari rumah yang sedang ditinggal pemiliknya. Ketiga pencuri yang merupakan warga Aceh barat itu yaitu MD (18), DE (23) dan IRW (15).

Kepala Unit Reserse dan Kriminal Polsek setempat Bripka Limochty, Selasa,(6/10) kepada wartawan mengatakan komplotan pencuri rumah kosong ini dalam melakukan aksinya sering berpencar dan melakukan secara tunggal. Mereka mengincar barang elektronik hingga peralatan rumah tangga.

Modus yang digunakan adalah dengan berpura-pura menjadi pembeli barang rongsokan dengan berkeliling kampung dan mengintai rumah-rumah yang sedang ditinggal pemiliknya.

"Mereka melakukannya tunggal dengan pura-pura beli rongsokan keliling. Rumah-rumah yang sepi atau pemilik keluar bekerja digasak, nanti saling lapor hasil curiannya," ungkap Limochty.

Meski mereka berkomplot, kata Limochty, pihak kepolisian belum mengetahui apakah mereka dikomandoi oleh seseorang, karena saat ini kasus tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Menurut Limochty, sejauh ini baru diketahui tersangka MD dan IRW berperan sebagai eksekutor di lapangan, sedangkan DE membantu menjual hasil curian.

"Untuk penangkapan mereka kita lakukan terpisah, di mana MD ditangkap di Desa runding ketika sedang mencuri tabung gas. Dari situ kita lakukan pengembangan dan akhirnya DE bersama IRW kita tangkap di Desa Ujung kalak tepatnya di rumah DE," ujarnya.

Dari tangan ketiga pelaku, kata Limochty, pihak kepolisian berhasil mengamankan 10 unit tabung gas 12 Kg, 11 unit tabung 3 Kg, 2 Laptop, 3 smartphone, 1 tablet dan 5 mayam emas.

"Atas kejahatan itu tersangka terancam dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara sesuai dengan pasal 362 juncto 363 ayat 1 poin 5 E KUHP," kata Limochty.

|DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...