Unduh Aplikasi

Polres Pidie Bekuk Komplotan Pelaku Curas  

Polres Pidie Bekuk Komplotan Pelaku Curas  
Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian memperlihatkan barang bukti sepmor di Mapolres setempat. Foto: AJNN/Salman

PIDIE - Lima pelaku pencurian sepeda motor (Sepmor) dengan kekerasan (Curas)  berhasil dibekuk Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Pidie. Satu diantaranya masih menjalani hukuman di Lembaga pemasyarakatan (LP) Lhoksukon, Aceh Utara.

Kapolres Pidie, AKBP Zulhir Destrian kepada wartawan, Kamis (10/12) mengatakan, pengungkapan kasus Curas berawal dari laporan korban Muksalmina (16) warga Krueng Semudeun, Kecamatan Peukan Baro. Sepeda motor korban jenis Yamaha R25 dirampas oleh pelaku di jembatan Benteng, Kecamatan Kota Sigli.

Modus pelaku melakukan perampasan sempor korban yaitu dengan berpura-pura kenal dengan korban, kemudian seorang pelaku meminta KTP dan handphone milik korban, lalu pelaku mengajak korban dengan mengendarai sepeda motor korban.

Pada saat dalam perjalanan menuju jalan Banda Aceh-Medan, pelaku berbelok ke arah kanan menuju ke Gampong, Sumboe Buga, seorang pelaku lain menghampiri dan merampas handphone milik korban. Setelah sampai di daerah persawahan para pelaku menghentikan sepmor dan langsung memukul korban hingga terjatuh lalu pelaku langsung membawa lari sepmor milik korban.

Selain itu, H Muhammad Nasir (67) asal Gampong Paya Tijue, Kecamatan Pidie juga menjadi korban pencurian sepmor. Sepmor jenis Honda Beat milik korban dicuri pada saat diparkir di jembatan dekat SPBU Kota Sigli untuk memancing ikan.

Kelima pelaku yang berhasil diringkus masing-masing berinisial WD (23), BUS (24), AR (22), RA (21) dan HS (33). Satu pelaku lagi masih mejalani hukuman di LP Lhoksukon.

Saat ini keempat pelaku berikut barang bukti dua unit sepmor dan satu unit handphone hasil curian telah diamankan di Mapolres Pidie untuk pemeriksaan lebih lanjut. Atas perbuatannya, empat pelaku dijerat dengan pasal 365 ayat (1) dan ayat 2 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 tahun.

"Sementara satu pelaku lainnya dijerat dengan pasal 362 dengan ancaman pidana penjara 5 tahun,” kata AKBP Zulhir Destrian didampingi Kasat Reskrim Iptu Ferdian Chandra.

Zulhir Destrian menyebutkan, ada 10 unit barang bukti sepmor lain saat ini masih diamankan di Mapolres Pidie. Barang bukti tersebut dalam operasi sikat selawah Polres Pidie tahun 2020

"Kepada masyarakat yang merasa kehilangan sepeda motornya silahkan datang ke Mapolres Pidie dengan membawa kelengkapan surat kendraan yang sah seperti BPKB dan STNK apabila cocok bisa langsung diambil," ujarnya.

Komentar

Loading...