Unduh Aplikasi

Polres Lhokseumawe Simulasi Tangani dan Kubur Jenazah Pasien Covid-19

Polres Lhokseumawe Simulasi Tangani dan Kubur Jenazah Pasien Covid-19
Simulasi penguburan Jenazah Covid-19. Rachmad YD

LHOKSEUMAWE – Polisi Resort (Polres) Lhokseumawe menggelar simulasi penanganan jenazah pasien Coronavirus Disease (Covid-19), Jumat (17/4). Hal itu dilakukan guna memberikan dan mengantisipasi ketika ada pasien yang meninggal akibat virus mematikan itu

Adapun simulasi yang dilakukan yakni, mulai saat mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), cara membawa jenazah, menguburkan, hingga seusai penguburan.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan melalui Waka Polres, Kompol Ahzan mengatakan, pihaknya membentuk tim berjumlah 10 orang dalam rangka penanganan korban Covid-19.

“Misalkan ada mayat korban Covid-19 yang meninggal, kita praktik atau simulasi dulu tata cara penguburannya, karena berbeda dengan penanganan jenazah lain, apalagi dikuburkan di tempat terpisah dan penanganan juga harus mengenakan APD,” kata Ahzan kepada AJNN.

Dikatakan Ahzan, dalam hal penanganan sendiri, pihaknya juga melihat keamanan dari personel sendiri, sehingga jangan sampai terkontaminasi seusai melakukan penanganan terhadap mayat korban Covid-19.

“Tahapan yang kita simulasikan tadi untuk memberikan gambaran, jika pun besok ada korban (mudah-mudahan tidak) maka kita sudah tau tatacaranya,” ujarnya.

Soal banyak warga yang tolak jenazah korban Covid-19, Ahzan mengimbau kepada masyarakat jangan pernah menolak jenazah pasien tersebut, dan jangan takut akan tertular Corona dari mayat.

“Korban Covid-19 bukan aib, mari sama-sama menjaganya, kalau dikuburkan terima saja, karena tidak akan da mayat yang dapat menularkan Covid-19,” imbuhnya.

Komentar

Loading...