Unduh Aplikasi

Polres Aceh Jaya Kembali Gerebek Lokasi Illegal Logging, Satu Pelaku Ditangkap

Polres Aceh Jaya Kembali Gerebek Lokasi Illegal Logging, Satu Pelaku Ditangkap
Dokumen Satreskrim Polres Aceh Jaya.

ACEH JAYA - Personil Reserse Kriminal Polres Aceh Jaya kembali mengamankan satu orang diduga pelaku tindak pidana illegal logging, warga Desa Panggong, Kecamatan setempat, Kabupaten Aceh Jaya, Jum'at (24/7) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB.

Selain mengamankan satu orang yang diduga pelaku, polisi turut mengamankan satu unit alat berat jenis doser, satu unit chainsaw serta sejumlah batang kayu olahan.

Kapolres Aceh Jaya, AKBP Harlan Amir melalui Kasat Reskrim Polres Aceh Jaya Iptu Bima Nugraha Putra mengungkapkan jika penangkapan terhadap satu orang diduga pelaku bersama barang buktinya berawal dari informasi masyarakat serta pihak Polhut Aceh Jaya yang bahwa telah terjadi pembalakan liar yang terjadi di kawasan hutan yang berada di Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya.

Setelah mendapat Informasi tersebut, Personil Satreskrim berjumlah delapan orangb yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Aceh Jaya bersama enam personil dari Polhut Kabupaten Aceh Jaya mengecek kebenaran atas informasi tersebut.

Selanjutnya, setelah tiba di lokasi sekitar pukul 19.30 WIB, petugas melihat bahwa benar sedang dilakukan pembalakan liar di kawasan hutan tersebut, namun saat itu petugas tidak melihat satu orang pun di area tersebut, akan tetapi petugas menemukan satu unit chainsow digubuk dan tidak diketahui pemiliknya.

Baca: Lagi, Dua Pelaku Illegal Logging Ditangkap di Aceh Jaya

Kemudian petugas Polhut Kabupaten Aceh Jaya, melakukan pengambilan titik koordinat di area tersebut, dimana saat itu hasil dari pengambilan titik koordinat menunjukkan bahwa di area tersebut masuk kedalam kawasan hutan lindung.

Selain itu, petugas juga menemukan satu unit alat berat (doser) warna kuning yang berdasarkan informasi milik H. Fikri, namun saat ditemukan tanpa operator di area tersebut.

"Alat berat (doser) itu digunakan untuk membuka jalan di kawasan hutan dengan maksud untuk mengeluarkan kayu olahan, dan terhadap alat berat tersebut didapat informasi bahwa dikemudikan oleh saudara Ishak yang bekerja kepada H Fikri," ungkap Iptu Bima.

Setelah itu petugas mendatangi rumah saudara Ishak yang bertempat di Desa Panggong, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya.

"Selain mengamankan Ishak yang berada di rumahnya, malam itu juga sudah kami amankan barang bukti berupa batang kayu olahan +- 100m², satu unit doser merk dan satu unit chainsaw," ungkap Bima.

Komentar

Loading...