Unduh Aplikasi

Polres Aceh Barat Tak Izinkan Masyarakat Rayakan Tahun Baru

Polres Aceh Barat Tak Izinkan Masyarakat Rayakan Tahun Baru
Ilustrasi letusan kembang api memasuki tahun baru. Foto: Net

ACEH BARAT - Guna melakukan pengamanan jelang Natal dan tahun Baru 2017 mendatang, Kepolisian Resort (Polres) Aceh Barat melakukan gelar pasukan operasi lilin 2016 yang berlangsung di halaman polres setempat, Jumat (23/12).

Kepala Polres Aceh Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Teguh Priyambodo Nugroho SIK, mengatakan kegiatan apel siaga tersebut untuk memastikan kesiapan petugas yang akan dikerahkan dalam kegiatan operasi lilin 2016 ini.

“Personil polisi dikerahkan berjumlah 30 orang, yang akan ditempatkan di rumah- rumah ibadah untuk mengamankan malam misa natal, dan ibadah natal,” kata Kapolres.

Selain 30 personil, kata dia, pihaknya juga akan dibantu oleh 10 personil TNI dari Komando Distrik Militer (KODIM) 0105/ Aceh Barat, serta masing-masing dua orang dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan jasa Raharja.

Selain itu, kata dia, pasukan tersebut nantinya juga bertugas melakukan patroli dan pengamanan di lokasi- lokasi rekreasi yang ada di kabupaten setempat.

Meski demikian, pihaknya tidak mengizinkan masyarakat Kabupaten Aceh Barat melakukan perayaan jelang tahun baru 2017 di malam hari, terutama dengan cara membakar merecon, karena kegiatan tersebut menurutnya tidak sesuai dengan pelaksanaan Syariat Islam yang saat ini berlaku di Aceh.

Untuk menjaga situasi yang kondusif jelang natal dan tahun baru, beberapa waktu lalu pihaknya juga telah melakukan kegiatan cipta kondisi.

"Dalam operasi cipta kondisi tesebut, kami melakukan razia minuman keras serta petasan," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres memprediksikan kegiatan natal dan tahun baru nantinya akan kondusif serta tidak ada gangguan dari kelompok- kelompok tertentu yang ingin merusak pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Sejauh ini dari pantauan kami untuk gangguan dari kelompok tertentu yang berujung sara tidak terjadi di Aceh Barat,” ungkapnya.

Komentar

Loading...