Unduh Aplikasi

Polisi Yang Bisa Dipercaya

Polisi Yang Bisa Dipercaya
ilustrasi: swatt

PUBLIK berharap banyak dari keputusan Kepala Kepolisian Jenderal Idham Azis. Orang nomor satu di Kepolisian Republik Indonesia ini mengeluarkan edaran penting untuk membangun iklim perekonomian yang lebih baik di negeri ini.

Adalah edaran tertanggal 15 November 2019 tentang koordinasi Polri dalam rangka penegakan hukum dan penyelenggaraan pemerintah daerah. Seluruh anggota kepolisian diminta untuk berhati-hati dalam mengawal program itu.

Edaran ini dilatarbelakangi oleh fakta terselubung yang diketahui pasti oleh Idham. Dia menilai masih ada penyalahgunaan kewenangan oleh oknum anggota kepolisian. Hal ini menjadi salah satu faktor penghambat investasi dan korupsi di penyelenggaraan pemerintah.

Langkah konkret yang diambil Idham adalah meminta kepala daerah dan seluruh elemen di dalamnya untuk tidak melayani atau memfasilitasi segala bentuk permintaan uang atau barang. 

Termasuk intimidasi atau intervensi terhadap pelaksanaan proyek pekerjaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, dari tingkat terendah hingga tertinggi. Jika masih ada oknum kepolisian yang melakukan hal ini, pemerintah daerah atau pelaku usaha diminta untuk melaporkannya ke pusat pelayanan kepolisian.

Kongkalikong dalam memenangkan sebuah proyek di sebuah pemerintah daerah kerap kali melibatkan petinggi kepolisian di daerah. Bahkan, sudah menjadi rahasia umum bahwa pejabat kepolisian tertentu mendapatkan “jatah” paket pekerjaan. Pelaksananya adalah orang “kepercayaan” oknum petinggi kepolisian tersebut tanpa perlu bersusah payah menawarkan harga terbaik.

Sebagai imbalan, oknum pejabat di daerah mendapat kekebalan hukum. Atau minimal, dia bisa bekerja dengan lebih aman tanpa khawatir kesalahan-kesalahannya diungkap dan dijadikan “mainan”.

Tentu tak mudah melaksanakan hal ini. Apalagi, yang mendapatkan keuntungan dari penyalahgunaan wewenang ini bukan hanya si oknum polisi. Oknum pegawai negeri atau pejabat daerah juga merasakan manfaatnya. 

Langkah Idham ini adalah terobosan penting dalam menegakkan aturan main yang adil. Dengan demikian, akan tumbuh iklim perekonomian yang kompetitif. Di saat yang sama, langkah ini akan menumbuhkan kembali kepercayaan publik kepada polisi dan lembaga kepolisian.

Komentar

Loading...