Unduh Aplikasi

Polisi Tangkap Dua Orang Pengedar Uang Palsu

Polisi Tangkap Dua Orang Pengedar Uang Palsu
BANDA ACEH - Dua orang pengedar uang palsu ditangkap Satreskrim Polresta Banda Aceh dikawasan Blang Padang Banda Aceh dan mengamankan uang pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu dengan total keseluruhan Rp 900 ribu.

Kedua pelaku yang berprofesi tukang parkir tersebut yakni Muk (26) Warga Montasik Aceh Besar, dan IR (28) pemuda Tibang, Syiah Kuala Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Zulkifli melalui Kasatreskrim Kompol Supriadi menyebutkan, penangkapan kedua pelaku tersebut berawal dari ditangkapnya pelaku berinisial Muh. Dimana pelaku yang saat itu sedang berada Blang Padang Banda Aceh pada Rabu malam (9/3).

"Saat keluar toilet, pelaku membayar jasa uang perawatan toilet kepada penjaga bernama Febri dengan uang palsu pecahan Rp 50 ribu," katanya, Jumat (11/3) melalui selularnya.

Setelah diberikan uang tersebut, kata Supriadi, petugas toleit langsung mengetahui bahwa uang yang diberikan oleh tersangka merupakan uang palsu. Dan langsung mengamankan pelaku. "Setelah itu, penjaga toilet langsung melaporkan ke polresta dan langsung kita amankan," jelasnya.

Ia juga menyebutkan, dari hasil penangkapan dan pengembangan tersebut, polresta langsung menangkap rekannya IR di parkiran Rumah Sakit Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Dari pengakuan pelaku, uang palsu yang dicetak didapatkan melalui rekannya berinisial Luq (35) yang disebut-sebut pegawai di RSUZA yang saat ini masih dalam pengejaran petugas. "Uang itu didapatkannya dari saudara Luq, dan saat ini masih kita cari keberadaannya," katanya.

Selain itu, tim reskrim menyita satu unit komputer dan satu unit printer milik Luq yang berada di area rumah sakit. "Selain uang palsu, kami juga amankan satu unit komputer dan printer yang diduga digunakan untuk mencetak uang palsu tersebut," jelasnya.

Untuk mempertanggungjawab perbuatannya pelaku dikenakan pasal 245 KUH Pidana dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara.

Komentar

Loading...