Unduh Aplikasi

Polisi Pantau Tambang Emas Ilegal di Sungai Mas dan Pante Ceureumen

Polisi Pantau Tambang Emas Ilegal di Sungai Mas dan Pante Ceureumen
Wakil Kepala Polres Aceh Barat, Komisaris Polisi M Zainuddin, (tengah) dalam jumpa pers usai mengamankan tujuh pelaku penambang emas ilegal. Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat berjanji akan menindak tegas pelaku penambangan emas ilegal yang hingga saat ini masih marak terjadi di Kabupaten Aceh Barat.

Kepala Polres Aceh Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Andrianto Argamuda, SIK melalui Wakil Kepala Polres Aceh Barat, Komisaris Polisi M Zainuddin, mengatakan saat ini ada beberapa kecamatan yang masuk dalam daftar pantauan maraknya aktivitas ilegal mining (tambang ilegal) diantaranya Sungai Mas dan Pantai Ceureumen.

"Kami akan tindak tegas pelaku ilegal mining di Aceh Barat. Saat ini kami terus memantau lokasi-lokasi ilegal mining diantaranya sungai mas dan Pante Ceureumen," kata Komisaris Polisi, M Zainuddin.

Baca: Kronologi Penangkapan Tujuh Pelaku Penambangan Emas Ilegal di Sungai Mas

Dikatakan Zainuddin, upaya penegakan hukum mulai dilakukan pihaknya setelah beberapa waktu lalu telah melakukan upaya pendekatan atau preventif, seperti sosialisasi terkait dengan bahaya tambang ilegal dan sanksi hukumnya.

"Untuk sosialisasi kami sudah lakukan bahkan kepada para kepala desa yang memiliki kawasan potensi tambang ilegal. Dan saat itu kami kan ikut melibatkan Walhi untuk itu," sebutnya.

Atas dasar itu pula, kata dia, pihaknya akan terus mengambil tindakan hukum bagi pelaku tambang ilegal yang ada di daerah itu.

Komentar

Loading...