Unduh Aplikasi

Polisi kesulitan penuhi hak anak yang terjerat hukum

ACEH TENGAH - Jajaran polres aceh tengah kesulitan penuhi hak anak yang terjerat proses hukum. Pasalnya, tahanan khusus untuk anak, hingga kini belum tersedia untuk wilayah hukumnya. Sehingga dengan terpaksa, anak digabungkan dengan tahanan dewasa.

Banyak anak yang melakukan pelanggaran hukum, sudah sepantasnya pemerintah menyediakan ruangan tahanan khusus untuk mereka. Sehingga perlakuan hukum dapat dijalankan sesuai dengan undang-undang perlindungan anak.

“Sudah seharusnya pemerintah mengupayakan tahanan khusus anak di Aceh Tengah” ujar Kapolres Aceh Tengah AKBP Dodi Rahmawan kepada AJNN.

Saat ini lanjutnya, polisi sulit mengawasi dan memenuhi hak bagi anak yang sedang dalam ruang tahanan sesuai yang diatur dalam undang undang perlindungan anak. Pasalnya, anak yang menjadi tahanan ataupun napi saat ini, masih ditempatkan di ruang tahanan desawa, sehingga kerap mereka mendapat perlakuan tidak senonoh dari tahanan atau napi dewasa.

Sementara itu data diperoleh dari Rutan Kelas II B Takengon, tercatat 17 anak dan 11 perempuan dari total keseluruhan tahanan dan napi 267 orang yang mendekam di Rutan itu.

Dari pantauan AJNN dalam ruang lingkup Rutan juga terlihat tahanan anak dibawah umur sedang berbincang dengan tahanan lainnya yang ditemani sebatang rokok kretek ditangannya.

NUSI

Komentar

Loading...