Unduh Aplikasi

Polisi Kembali Bekuk Komplotan Pencuri Kabel Optik Milik PLN

Polisi Kembali Bekuk Komplotan Pencuri Kabel Optik Milik PLN
Dua pelaku kasus pencurian kabel optik, penadah sekaligus barang bukti di Mapolsek Dewantara. Foto: Ist

ACEH UTARA - Jajaran Kepolisian Resor Lhokseumawe kembali menangkap komplotan spesialis pencurian kabel optik milik PLN yang selama ini marak terjadi. Pelaku yang diamankan berinisial War (19), warga Batuphat Timur dan Jul (26), asal Batuphat Barat, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Sabtu (27/1).

Informasi dihimpun AJNN, kedua pelaku dibekuk jajaran Polsek Dewantara sekira di depan SPBU Blang Pulo, kecamatan setempat.

"Iya benar, tadi kami amankan dua orang terduga pelaku pencurian kabel optik milik negara yang selama ini marak terjadi di sejumlah wilayah," ujar Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman melalui Kapolsek Dewantara, AKP Erpansyah saat dikonfirmasi AJNN.

Baca: Aksi Pencurian Kabel Optik Milik PLN Kembali Terjadi di Aceh Utara

Penangkapan keduanya, kata kapolsek dilakukan setelah sebelumnya polisi melakukan penyelidikan dan pengintaian. Selain itu, seorang penadah berinisial Jun (40), asal Gampong Paloh juga diamankan polisi.

"Ada tiga orang yang kami amankan. Dua pelaku pencurian dan satu orang penadah, mereka mengakui perbuatannya dan kami juga dapatkan sejumlah barang bukti," ungkapnya.

Dari hasil interogasi petugas, pelaku War mengaku telah mencuri kabel optik di lima lokasi seperti di trafo Pulo Rungkom, Uteun Geulinggang, Paloh Lada, Lancang Barat dalam wilayah Kecamatan Dewantara Aceh Utara dan di Trafo Batuphat, Lhokseumawe.

"Saat ditangkap, bersama tersangka War juga kami temukan satu paket narkoba jenis sabu. Semua hasil curian itu ditampung oleh penadah Jun dengan harga jual Rp 60 ribu per kilogram" sebutnya.

Barang bukti yang berhasil disita polisi berupa empat gulungan kabel optik berupa kuningan. Delapan kabel yang telah terpotong dan satu buah timbangan. Selain itu diamankan pula pisau dapur, tang penjepit, kunci inggris, obeng yang digunakan pelaku saat melancarkan aksinya. Ada juga uang tunai Rp 505 ribu. Satu unit sepeda motor yang digunakan pelaku dan satu paket narkoba jenis sabu

Dari hasil penyelidikan, masih ada dua pelaku lain yang saat masih buron dan dalam pengejaran. Salah satunya bernisial Vandem.

Baca: Polisi Tangkap Terduga Pencuri Kabel Optik Milik PLN di Lhokseumawe

Sementara itu, Manager PLN Rayon Krueng Gekueh Mukhtar Juned mengungkapkan apresiasi kepada pihak kepolisian yang telah berhasil menangkap komplotan pencuri kabel optik tersebut.

"Kami tentu bersyukur dan berterimakasih atas kinerja kepolisian dalam mengungkap kasus ini. Karena selama ini aksi mereka sudah sangat meresahkan. Apalagi kerugian akibat kerusakan trafo dan hilangnya kabel optik cukup besar," ujar Mukhtar.

Komentar

Loading...