Unduh Aplikasi

Polisi Gagalkan Penyelundupan Pengungsi Rohingya ke Medan

ACEH TIMUR - Polisi Resor Aceh Timur berhasil menggagalkan upaya penyelundupan tiga warga rohingya asal camp penampungan Aceh Utara yang akan dibawa ke Medan, Sumatera Utara, Jum'at (16/10).

Kapolres Aceh Timur AKBP Hendri Budiman, SIK melalui Kasat Reskrim AKP Budhi Nasuha Waruwu, SH, menyebutkan, selain menggagalkan upaya penyelundupan, polisi juga berhasil mengamankan dua orang tersangka, yakni Cardono Panjiangan (28) warga Pasar 9, Marelan, Medan dan Arnansyah Tarigan (29) warga Pancor Batu, Medan, Sumatera Utara.

Selain itu polisi juga berhasil menyita sebuah mobil Toyota Avanza BK 1325 IS.

"Mereka terjaring razia saat mengangkut tiga orang warga Rohingya dari Camp Pengungsian Aceh Utara menuju Medan.

Dijelaskan Kasat Reskrim, ketiga warga Rohingya yang henda diselundup itu yakni, Ismail Abdul Hamid (15), Said Husen (35) dan Tahera Binti Abd Hamid (16), ketiga warga Rohingnya tersebut diketahui selama ini menghuni camp pengungsian Aceh Utara.

"Kepada polisi tersangka mengaku bahwa ketiga pengungsi tersebut diambil dari jembatan dekat Lhokseumawe untuk dibawa ke Medan ke tempat penampungan yang terletak di Pancur Batu Jalan Jamin Ginting, Medan. Tersangka juga mengaku telah membawa pengungsi rohingya ke tempat tersebut sebanyak lima kali," kata Budi Nasuha.

Lebih lanjut, kata Nasuha, dari pengakuan tersangka di tempat penampungan tersebut sudah terdapat lebih kurang 100 orang pengungsi rohingya yang dikumpulkan.

Mereka menjemput warga Rohingya ke Aceh atas perintah Edi Ginting warga Medan dengan dibekali uang jalan dan upah sebesar Rp 1.3 juta.

"Kini ketiga pengungsi Rohingya dan dua tersangka tersebut sudah kita limpahkan ke Mapolres Lhokseumawe, guna pengusutan lebih lanjut," ujarnya.

| ASRUL

Komentar

Loading...