Unduh Aplikasi

Polisi Didesak Hentikan Aktifitas Galian C di Gunung Salak

Polisi Didesak Hentikan Aktifitas Galian C di Gunung Salak
ilustrasi. Foto: Net

ACEH UTARA - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Salak Aceh Utara, meminta Polres Lhokseumawe untuk mengusut dan menghentikan aktifitas galian C, di kawasan Gunung Salak.

Menurut pihaknya, bila galian C terus digeruk oleh oknum tertentu tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan, maka bukan tidak mungkin akan memicu bencana di kemudian hari.

Ketua kelompok Sadar Wisata, Azhari mengatakan, galian C yang sedang marak diambil kawasan gunung salak tepatnya di kilometer 22, menurutnya diduga digeruk secara illegal dan tidak mengantongi izin.

“Kawasan gunung salak Nisam Antara, sudah diamandemen oleh pemerintah menjadi kawasan wisata alam. Mengingatkan atas hal tersebut, para pelaku galian C agar tidak dilanjutkan lagi dan dihentikan saja,” ujarnya.

Tambahnya, kehadiran Pokdarwis sekaligus bertujuan sebagai pemerhati lingkungan, merawat alam dan membina masyarakat serta mewujudkan inovasi baru, dalam mempercepat kemajuan wisata di kawasan Gunung Salak, agar pertumbuhan ekonomi masyarakat makin meluas.

Selain itu, galian C kawasan Gunung Salak dinilai berefek buruk dan berimbas pada rusaknya lingkungan, seperti abrasi sungai, longsor dan panas bumi. Sehingga kedepan dikhawatirkan akan menyebabkan terjadi bencana besar.

“Sebelum terjadi bencana, Pokdarwis Gunung Salak mendesak Polres Lhokseumawe, agar dapat mengusut dan menghentikan aktifitas galian C di kawasan tersebut,” tutupnya.

Komentar

Loading...