Unduh Aplikasi

Polisi Amankan Ekskavator dan Lima Dump Truk di Lokasi Galian C Sawang

Polisi Amankan Ekskavator dan Lima Dump Truk di Lokasi Galian C Sawang
ilustrasi. Foto: Net

ACEH UTARA - Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Lhokseumawe mengamankan satu unit alat berat jenis eskavator dan lima unit dump truk dilokasi galian C Kreung Sawang, Gampong Riseh, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Senin (17/2).

Informasi yang dihimpun AJNN dari masyarakat dilokasi galian C, menyebutkan satu unit ekskavator dan lima unit dump truk milik PT BJN. Pihak kepolisian dikabarkan tiba di lokasi, sekira pukul 15.00 WIB.

"Benar, sore sekira pukul 15.00 WIB, satu unit alat berat dan lima unit dump truk dilokasi galian C Krueng Sawang, Riseh sudah diamankan polisi," kata Azir tokoh pemuda desa setempat, Selasa (18/2).

Baca: DPD RI Sorot Galian C di Sawang

Menurut Azir, selain mengamankan alat berat dan dump truck yang sedang beroperasi di lokasi Galian C. Polisi juga turut serta memboyong kelima dump truck, beserta dengan sopir ke Mapolres Lhokseumawe.

"Menurut keterangan sopir dump truk kepada saya, mereka juga ikut digiring ke Polres Lhokseumawe untuk dimintai keterangan," ujarnya.

Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe, AKP Indra T Herlambang yang dikonfirmasi AJNN mengaku belum menerima laporan tersebut dan akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

"Saya nanya semalam kok belum ada jawaban ya. Coba nanti saya cek lagi," ujarnya.

Baca: WALHI Minta Pemerintah dan Polda Aceh Tertibkan Galian C di Sawang

Indra kepada media ini juga berjanji akan melakukan kordinasi dan pengecekan dengan Polsek Sawang, terkait informasi diamankanya satu unit alat berat dan lima dump truk tersebut.

Sejumlah masyarakat Sawang mengaku saat ini sudah sangat diresahkan dengan kehadiran galian C di Kreung Sawang, yang berdampak pada kerusakan lingkungan dan mengancam pemukiman penduduk yang menetap di sekitar kawasan sungai.

Anggota DPD RI, Sudirman atau yang akrab disapa Haji Uma, bahkan sudah turun meninjau langsung lokasi galian C di Krueng Sawang. Haji Uma mengaku bila galian C di Sawang, sudah berdampak pada kerusakan lingkungan pada level sangat luar biasa.

Haji Uma menyebutkan secara resmi dirinya sudah menyurati Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, untuk segera menutup galian C di Sawang tersebut.

Baca: Masyarakat Sawang Buat Pernyataan Sikap Tolak Galian C

"Surat resmi kepada Gubernur dengan tembusan Dinas ESDM Aceh dan Polda Aceh itu jauh-jauh hari sudah kita kirim, namun kenapa hingga saat ini belum ada balasan," imbuhnya.

Dirinya menambahkan, bila persoalan ini tidak direspon dan mendapat tanggapan dari Pemerintah Aceh yakni dinas terkait. Maka selanjutnya kita akan mengambil langkah dengan menyurati pihak Kementrian dan Kapolri.

Sejauh ini informasi diamankannya satu unit alat berat dan lima dump truk di gampong Riseh, diduga terkait usaha galian C ilegal di Krueng Sawang. Hingga berita ini diturunkan, media ini belum mendapat tanggapan atau keterangan secara resmi terkait penangkapan alat berat dan dump truk di Krueng Sawang.

Komentar

Loading...