Unduh Aplikasi

Polda Tunggu Izin Mendagri Periksa Anggota DPRA Soal Kasus Beasiswa

Polda Tunggu Izin Mendagri Periksa Anggota DPRA Soal Kasus Beasiswa
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Penyidik Ditreskrimsus Polda Aceh belum melakukan pemeriksaan terhadap anggota DPRA dalam kasus beasiswa pemerintah Aceh.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan penyidik telah melakukan koordinasi dengan Bareskrim Polri untuk mendapatkan izin tertulis dari Mendagri atas nama Presiden.

"Bareskrim Polri akan membuat permohonan izin pemeriksaan terhadap anggota DPRA setelah mendengarkan keterangan penyidik Polda Aceh dalam gelar perkara kasus tersebut," kata Kombes Pol Winardy, Selasa (12/1).

Menurut Kombes Pol Winardy, sesuai dengan UU RI nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, setiap tindakan penyidikan terhadap anggota DPRA dapat dilaksanakan setelah dikeluarkan persetujuan secara tertulis.

Baca: Kasus Beasiswa ke Tahap Penyidikan, 16 Mantan Anggota DPRA Sudah Diperiksa

"Apabila dalam batas waktu 60 hari surat persetujuan tersebut tidak ada jawaban dari Presiden atau Mendagri, proses penyidikan dapat dilakukan," ujarnya.

Kasus beasiswa Pemerintah Aceh ini, kata Kabid Humas, telah ditingkatkan ke tahap penyidikan, 16 mantan anggota DPRA periode 2014 - 2019 telah di panggil untuk dimintai keterangan, termasuk 483 mahasiswa penerima bantuan.

"Saat ini memang belum ada tersangka, penyidikan masih kumpulkan alat bukti atas dugaan adanya kerugian negara dalam kasus beasiswa tersebut," ungkap Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy.

HUT Pijay

Komentar

Loading...