Unduh Aplikasi

Polda Kembali Panggil Pengurus PWI Aceh dan Pemred AJNN

Polda Kembali Panggil Pengurus PWI Aceh dan Pemred AJNN
BANDA ACEH - Penyidik Dit Reskrimum Polda Aceh--untuk ketiga kalinya--memanggil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh, Tarmilin Usman, sebagai saksi dalam perkara dugaan tindak pidana penistaan atau perbuatan tidak menyenangkan, yang dilaporkan oleh Pimpinan Redaksi Tabloid Modus Aceh, Muhammad Saleh pada November 2015 lalu.


Selain Tarmilin, Sekretaris PWI Aceh Aldi Nainggolan, Ketua Dewan Kehormatan Daerah PWI Aceh, Adnan NS dan Barlian AW, serta Pemimpin Redaksi AJNN, Nazar Ahadi, juga dipanggil untuk memberikan keterangan secara konfrontasi terkait kasus pelanggaran etik Muhammad Saleh (pelapor), Senin (8/8) pukul 08.30 WIB, di ruang Subdit I Kamneg Dit Reskrimum Polda Aceh.

Tamilin--beberapa waktu lalu, mengatakan, masalah yang menimpa Muhammad Saleh merupakan pelanggaran etik organisasi pers PWI. Hal itu merupakan masalah internal PWI yang bisa diselesaikan sesuai Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD PRT) PWI. Tidak membawa ke ranah hukum pidana.


"Ini masalah interen PWI, Sesuai PD PRT, meski sudah dipecat oleh PWI pusat, dia punya hak bela diri dalam konferensi PWI Aceh dan PWI Pusat nantinya," kata Tarmilin, beberapa waktu lalu.

Muhammad Saleh melaporkan ketua PWI Aceh dan DKD PWI Aceh, berkaitan dengan pemecatan dirinya sebagai anggota PWI Aceh. Dimana dalam pemecatan dirinya tidak sesuai dengan proses hukum dan dinilai ada kejanggalan dilakukan oleh ketua PWI Aceh Tarmilin Usman dan Ketua DKD PWI Aceh Adnan NS.

Menurut Saleh kesimpulan pelanggaran kode etik yang diterbitkan oleh DKD PWI Aceh tersebut atas dasar laporan Haji Bakri Usman, salah seorang warga Banda Aceh yang tertangkap mesum di salah satu salon di Banda Aceh.

Atas dasar tersebut, Saleh merasa keberatan dan menolah SK pemecatan tersebut yang dinilai sepihak tanpa mengesampingkan azaz equivalen (kesimbangan) dan sangat kontra produktif dengan azas kesetaraan dimuka hukum.

Komentar

Loading...