Unduh Aplikasi

Polda Aceh Tingkatkan Operasi Ilegal Logging Buru Para CukongĀ 

Polda Aceh Tingkatkan Operasi Ilegal Logging Buru Para Cukong 
Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Kepolisian Daerah Aceh akan meningkatkan operasi pembalakan liar yang semakin marak di Aceh.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada menyebutkan operasi tersebut untuk mencari toke-toke yang diduga terlibat dalam ilegal logging tersebut. 

"Sasaran operasi kita membidik para cukong yang mendanai masyarakat untuk melakukan pembalakan liar," kata Kapolda Aceh, Senin (9/11).

Kapolda menyebutkan selama ini tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus sudah maksimal melakukan penindakan terhadap para pelaku pembalakan liar. Namun, penindakannya belum dilakukan secara menyeluruh. 

"Penindakannya yang belum maksimal itu dikarenakan belum ada kesadaran masyarakat untuk melaporkan jika terjadi pembalakan liar," sebut Irjen Pol Wahyu Widada.

Untuk itu, kata Kapolda, pihaknya berharap agar masyarakat dapat bekerjasama dengan pihak kepolisian dan kesadaran warga untuk tidak melakukan perambahan hutan yang dapat menimbulkan bencana alam. 

"Ilegal logging membawa dampak buruk terhadap kelestarian lingkungan kita dan juga dapat membawa bencana alam seperti longsor, banjir bandang," ungkap Kapolda Aceh.

Sementara direktur WALHI Aceh, Muhammad Nur menyebutkan kasus ilegal logging diTaman Nasional Gunung Leuser (TNGL) belum ditanggani serius oleh Balai Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wilayah Sumatera. 

"Ada lebih 10 kasus ilegal logging dalam TNGL setiap tahunnya, namun  penegakan hukum yang dilakukan belum menjadi solusi dan efek jera pemberantasan kejahatan kehutanan," ujarnya. 

Terkait persoalan itu, pihaknya meminta agar Balai Gakkum Sumatera dapat membongkar kejahatan secara menyeluruh, mulai dari aktor lapangan, penampung kayu, dan juga pemilik modal. 

Komentar

Loading...