Unduh Aplikasi

Polda Aceh Tangkap Penculik Warga Lampulo

Polda Aceh Tangkap Penculik Warga Lampulo
Kasubdit III Jatanras Kompol Erlin Tangjaya. Foto: Bisnis Aceh
BANDA ACEH - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Aceh menangkap satu orang pelaku penculikan warga Lampulo Banda Aceh. Pelaku asal Aceh Besar Berinisial Fir ditangkap di Desa Lam Ara, Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar sekitar pukul 03.00 WIB, Kamis (17/3).

Direskrimum Polda Aceh Kombes Nurfallah melalui Kasubdit III Jatanras Kompol Erlin Tangjaya menyebutkan pelaku Fir ditangkap karena diduga kuat terlibat penculikan terhadap Agam Setiawan warga Lampulo yang terjadi pada 2015 lalu.

"Kejadiannya tahun lalu, dimana Fir yang merupakan pegawai honorer Polhut Aceh besar dan sejumlah rekannya terlibat penculikan. Bahkan, pelaku sempat menyekap korban dikawasan Samahani selama 3 hari," ujarnya.

Dikatakannya motif penculikan tersebut didasari utang piutang antara pelaku dengan bapak korban bernama Sofyan sebesar Rp 60 juta. 

"Menurut pengakuan pelaku, Orang tua Agam mempunyai utang kepada pelaku. Karena kesal tak kunjung dibayar, pelaku pun berniat jahat menculik anaknya," jelasnya.

Setelah diculik dan disandera, lanjut Erlin pelaku sempat meminta uang tebusan kepada pihak keluarga sebesar Rp 60 juta. "Mengetahui suaminya diculik, istri korban pun melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian," ujarnya.

Ia juga menjelaskan Agam Setiawan korban penculikan yang disekab selama tiga hari di kawasan Samahani Aceh Besar, berhasil kabur dari sekapan para penculik pada malam hari disaat pelaku sedang tidur. "Saat pelaku sedang tidur, korban berhasil kabur dan langsung lari terbirit-birit," kata Erlin.

Fir yang disebut-sebut merupakan keponakan Bupati Aceh Besar ditangkap berdasarkan pengembangan dari pelaku lainnya berinisial Wan yang ditangkap di daerah Jeunib. "Atas pengembangan itu kami tangkap Fir. Dalam penangkapan tersebut tidak ada perlawanan dari pelaku," ujarnya.

Komentar

Loading...