Unduh Aplikasi

Polda Aceh Masih Menunggu Izin Presiden Periksa Bupati Aceh Barat

Polda Aceh Masih Menunggu Izin Presiden Periksa Bupati Aceh Barat
Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Hingga saat ini Polda Aceh masih menunggu surat izin dari Presiden RI untuk memeriksa Bupati Aceh Barat atas dugaan penganiayaan terhadap seorang warga di Kabupaten setempat.

"Kita masih menunggu surat untuk pemeriksaan pejabat publik turun prosedur SOP tetap dipedomani," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono melalui pesan singkat, Selasa (5/5).

Baca: Diduga Pukul Warga, Bupati Aceh Barat Dipolisikan

Diberitakan sebelumnya pada 26 Februari 2020, Direskrimum Polda Aceh Kombes Pol Agus Sarjito menyebutkan akan mengirim surat izin tersebut ke Presiden. Surat izin pemeriksaan sesuai ketentuan yang diatur Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh atau UUPA.

Apabila dalam batas waktu 60 hari surat persetujuan tersebut tidak ada jawaban dari Presiden, proses penyelidikan dan penyidikan dapat dilakukan.

Baca: Kasus Pemukulan Oleh Bupati Aceh Barat Diambil Alih Polda Aceh

Pada tanggal 28 Februari 2020 dalam siaran pers Polda Aceh menyatakan penyidik Polda Aceh telah memeriksa dan memintai keterangan 9 saksi. Termasuk saksi korban dan saksi dari media.

"Penyidik akan terus bekerja secara profesional dan berkeadilan untuk menyelesaikan kasus dugaan penganiayaan tersebut. Termasuk memenuhi prosedur yang diatur peraturan perundang-undangan," kata Kombes Pol Ery Apriyono saat itu.

Komentar

Loading...