Unduh Aplikasi

Polda Aceh dan Kejati Bentuk Forum Komunikasi Penanganan Tipikor

Polda Aceh dan Kejati Bentuk Forum Komunikasi Penanganan Tipikor

BANDA ACEH - Kepolisian Daerah (Polda) Aceh dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh bersama Inpektorat Aceh serta Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat Aceh melakukan penandatangan kesepakatan bersama pembentukan Forum Komunikasi Penguatan Penanganan Tindak Pidana Korupsi di Aceh, Selasa (1/11) di Mapolda Aceh.

Kapolda Aceh Irjen Pol Rio Septianda Djambak menyebutkan pembentukan forum tersebut untuk memperkuat kerja sama antar lembaga penegak hukum yang sudah terbangun dengan baik selama ini, sehingga ke depan antar lembaga memiliki visi yang sama dalam penanganan tindak pidana korupsi.

"Sinergi ini diperlukan agar penanganan perkara tindak pidana cepat selesai, tidak berlarut-larut di antara lembaga penegak hukum," katanya.

Selain itu, kata Kapolda Aceh penegak hukum kepolisian dan kejaksaan harus bisa saling bersinergi dalam penangganan suatu korupsi.

"Ini dilakukan untuk melaksanakan kebijakan pemerintah pusat dalam mengawal keuangan negara yang diamanahkan kepada pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota," ujarnya.

Kajati Aceh Raja Nafrizal mengatakan sinergisitas sesama lembaga penegak hukum seperti kepolisian termasuk inspektorat, maupun Badan Pengawasan Keuangan, dan Pembangunan (BPKP) harus terus ditingkatkan.

"Sinergisitas ini penting agar tidak terjadi bolak balik kasus dari kepolisian ke kejaksaan," katanya.

Dengan terbentuknya forum komunikasi ini diharapkan bisa mempercepat penangganan tindak pidana korupsi dan bisa diselesaikan dengan cepat.

"Hadirnya kerjasama ini bisa mempercepat penangganan korupsi dan tidak terjadi penumpukan kasus," imbuhnya.

Komentar

Loading...