Unduh Aplikasi

PNS Pemkab Pidie Divonis 3,6 Tahun Penjara Karena Terima Gaji Ganda

PNS Pemkab Pidie Divonis 3,6 Tahun Penjara Karena Terima Gaji Ganda
Tersangka penerimaan gaji ganda ditahan Jaksa. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Hakim Pengadilan Tipikor Banda Aceh menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa korupsi menerima gaji ganda sebagai PNS dengan pidana penjara tiga tahun lebih enam bulan.

Kasipidsus Kejari Banda Aceh, Iskandar menyebutkan sidang vonis Said Zakimubarak dilaksanakan pada Rabu (20/5) di Pengadilan Negeri Banda Aceh melalui virtual atau online.

Iskandar menambahkan vonis hakim lebih tinggi dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada persidangan sebelumnya.

"Tuntutan JPU dipersidangan sebelumnya dua tahun enam bulan penjara," kata Iskandar, Kamis (21/5).

Pada sidang vonis tersebut, terdakwa Said Zakimubarak dinyatakan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dengan menerima gaji ganda sebagai PNS Pemkab Pidie dan PNS Pemerintah Provinsi Aceh.

Baca: Jaksa Segera Limpahkan Berkas PNS Terima Gaji Ganda

Selain kurungan badan, terdakwa juga dijatuhi pidana denda Rp100 juta subsider enam bulan penjara. Hakim juga menjatuhkan hukuman tambahan berupa membayar uang pengganti sebesar kerugian negara yang ditimbulkannya yakni Rp315 juta. Jumlah tersebut selambat lambatnya harus dibayarkan ke negara satu bulan setelah putusan hakim memperoleh kekuatan hukum tetap.

Jika dalam satu bulan sesudah adanya putusan tetap tidak dibayarkan maka harta benda disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

Apabila harta benda yang dilelang tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti maka di ganti dengan pidana kurungan selama satu tahun tiga bulan. Atas putusan hakim tersebut, terdakwa menyatakan pikir-pikir untuk melakukan upaya banding, begitu juga dengan JPU.

"Jika terdakwa dengan penasehat hukumnya ajukan banding, maka tim JPU Kejari Banda Aceh akan menyiapkan kontra memori banding," sebut Iskandar.

Komentar

Loading...