Unduh Aplikasi

PN Pidie Jaya: Status Tahanan Luar Maimun Tak Dapat Dicabut

PN Pidie Jaya: Status Tahanan Luar Maimun Tak Dapat Dicabut
Petugas Kejari Pidie Jaya saat mengiring Maimun Rajapante ke Rutan Sigli. Foto: AJNN.Net/Muksalmina

PIDIE JAYA - Status tahanan luar terhadap Maimun bin Musa terdakwa kasus penipuan calo Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Aceh, tidak dapat dicabut.

Sebelumnya diberitakan, kuasa hukum korban kasus penipuan calo PNS, Safaruddin YARA keberatan dengan keputusan Majelis Hakim yang mengalihkan penahanan Maimun terdakwa kasus penipuan calo PNS menjadi tahanan luar.

Menurut Safaruddin, pengalihan tahanan terhadap terdakwa tidak mempertimbangkan rasa keadilan bagi korban. Keberadaan terdakwa di luar membuat korban merasa tidak nyaman dan khawatir atas keselamatan diri pribadinya.

"Kita khawatir bisa mengancam keselamatan korban, apalagi korban dan terdakwa ini tinggal dalam satu kawasan yang mudah dijangkau," kata Safaruddin, Kamis (30/5).

Baca: Kuasa Hukum Korban Keberatan Atas Pengalihan Tahanan Maimun

Wakil Ketua PN Pidie Jay, Dony Syahputra yang dikonfirmasi AJNN, Selasa (11/6) menegaskan, status tahanan luar terhadap Maimun tidak dapat dicabut lagi. Menurutnya, pemberian status tahanan luar adalah hak PN, disamping tidak melanggar peraturan yang berlaku.

"Majelis Hakim telah mengabulkan permohonan terdakwa sebagai tahanan luar, jadi status itu tidak bisa dicabut lagi," kata Dony.

Namun lanjutnya, bukan tidak ada pengecualian, status tahanan luar terhadap Maimun baru dapat dicabut jika selama masa persidangan atau selama menjalani status tahanan luar yang bersangkutan berbuat onar.

"Jika terdakwa berbuat kriminal, status tahanan luar baru dapat dicabut. Terdakwa Maimun memasukan Istri dan kuasa hukumnya sebagai jaminan dia akan berlaku koorperatif," jelasnya.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...