Unduh Aplikasi

PN Banda Aceh Mulai Sidang Pakai Video Teleconference

PN Banda Aceh Mulai Sidang Pakai Video Teleconference
PN Banda Aceh mulai sidang secara online. Foto:AJNN/Tommy.

BANDA ACEH - Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh mulai menggelar sidang secara jalak jauh atau teleconference dari PN Banda Aceh dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kajhu, Aceh Besar.

Humas PN Banda Aceh, Sadri menyebutkan pelaksanaan sidang online melalui video conference di PN Banda Aceh setelah dikeluarkannya surat dari Mahkamah Agung agar melaksanakan sidang secara online untuk menghindari penyebaran wabah covid 19 dengan social distance.

"Sidang jarak jauh di PN Banda Aceh baru kita mulai hari ini," kata Sadri, Senin (30/3).

Dari pantauan, di dalam ruang sidang pihak PN Banda Aceh telah menyiapkan layar besar agar bisa disaksikan oleh hakim, jaksa penuntut umum dan kuasa hukum terdakwa. Sidang melalui online itu langsung terhubung dari PN Banda Aceh, Rumah Tahanan dan kantor Kejaksaan.

Menurut Sadri, pelaksanaan sidang melalui online di hari pertama banyak kendala, salah satunya jaringan internet, serta suara yang kurang jelas sehingga sulit didengar.

"Ini hari pertama kita lakukan, mungkin masih banyak kendalanya, sidang online tersebut dilaksanakan sampai batas waktu yang belum ditentukan," ujarnya.

Sadri juga menyebutkan terkait administrasi di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Banda Aceh masih tetap beroperasi seperti biasa, namun jumlah pengunjung dibatasi.

"Pelayanan tetap berjalan seperti biasa, namun jumlah pengunjung di batasi untuk menghindari keramaian di ruang administrasi. Tempat duduk juga kita beri jarak satu meter," jelasnya.

Ramli Husein salah satu penasehat hukum menyebutkan pelaksanaan sidang melalui online masih banyak kendala dan harus di perbaiki, misalnya sulit terhubung dengan terdakwa yang berada di dalam Rutan.

"Tadi saja sempat terputus komunikasi dengan terdakwa akibat jaringan lelet. Kami berharap kedepan jaringan bisa stabil, sehingga kita bisa dengar jelas keterangan dari terdakwa," ungkapnya.

 

 

Komentar

Loading...