Unduh Aplikasi

Plt Gubernur Tinjau Progres Pembangunan Jembatan Rangka Baja Terpanjang di Aceh

Plt Gubernur Tinjau Progres Pembangunan Jembatan Rangka Baja Terpanjang di Aceh
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meninjau progres pembangunan jembatan rangka baja di Desa Kilangan Kecamatan Singkil kabupaten Aceh Singkil, Senin (14/9). Foto: AJNN/Nazar Ahadi

ACEH SINGKIL - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meninjau progres pembangunan jembatan rangka baja di Desa Kilangan Kecamatan Singkil kabupaten Aceh Singkil, Senin (14/9). Jembatan tersebut merupakan jembatan rangka baja terpanjang di Aceh, yang mencapai 400 meter.

Nova menyebut jembatan tersebut dibangun dengan skema tahun tunggal, sehingga sinkronisasi struktur antara tahap satu dan dua ada yang kesulitan, karena beda orang yang mengerjakan.

"Tadi antara bentang lima dan bentang enam pernah gak ketemu, selisih 40 centimeter. Kemudian meluruskannya itu juga masalah," kata Nova.

"Inilah salah satu keuntungan proyek multiyears, ke depan siapapun pemimpin saya berharap proyek-proyek besar seperti ini dilaksanakan dengan skema tahun jamak, supaya secara teknis pengerjaannya juga bisa bagus," kata Nova kapada sejumlah wartawan, saat progres pembangunan jembatan itu.

Dikatakan Nova, jembatan tersebut berkaitan dengan pembangunan ruas jalan Kuala Baru Singkil hingga batas Aceh Selatan, yang dibangun dengan skema tahun jamak.

Menurut Nova, pembangunan jembatan tersebut akan tuntas 100 persen pada tahun 2022, karena pembangunan oprit jambatan dari arah Kayu Menang harus menunggu selesai pembangunan ruas jalan Kuala Baru yang masuk paket tahun jamak.

"Kalau jalannya belum dibuat jadi lahannya belum stabil. Sehingga membangun jembatannya tidak mungkin, kecuali pakek helikopter. Ini satu konektivitas tapi lain anggaran," kata Nova.

Selama ini masyarakat Kuala Baru harus menggunakan rakit atau robin untuk menuju pusat kota Aceh Singkil.

"Sudah sejak nenek moyang kami tidak ada jembatan disini, baru kali ini dibangun," kata Asmida Wati (50 tahun).

Komentar

Loading...