Unduh Aplikasi

Plt Gubernur Ragukan Hasil Survei, Kepala BPS: Hitungan Kami Sesuai Keadaan

Plt Gubernur Ragukan Hasil Survei, Kepala BPS: Hitungan Kami Sesuai Keadaan
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Kepala Badan Pusat Statistik (Aceh) Aceh, Ihsanurijal menanggapi terkait pernyataan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang meragukan hasil survei instansi vertikal ini.

Ihsanurijal mengatakan bahwa hasil survei BPS sudah sesuai dengan kondisi Aceh, dan pihaknya hanya menyampaikan data yang telah dihitung.

"Kewajiban kami BPS menyampaikan angka yang hasil hitungan kami bagaimana keadaan di Aceh. Itu lah yang dihasilkan sampai September 2019," kata Ihsanurijal kepada wartawan, Jum'at (24/1).

Baca: Plt Gubernur Aceh Ragukan Data BPS, Minta Kampus Buat Survei Pembanding

Ihsanurijal menyampaikan, BPS bekerja secara nasional, proses yang dilakukan sama dengan wilayah lain di Indonesia, termasuk metode penentuan sampelnya.

Dalam survei ini, BPS menyasar rumah tangga, dengan proses metodologi sampel yang dianggap bisa mewakili untuk seluruh masyarakat. Setelah itu dilakukan pendataan dan menyampaikan hasilnya.

"Jadi kami tidak lepas dari apa yang kami lakukan. Mulai dari persiapan, koordinasi petugas, pendataan, pengolahan sampai penyajian data. Maka itulah angka yang di hasilkan untuk BPS se Aceh," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Ihsanurijal juga menerangkan bahwa angka kemiskinan yang dirilis BPS ini bersumber dari survei yang disebut dengan sosial ekonomi, dilakukan dua kali dalam setahun yakni pada bulan Maret dan September.

September 2019, di Aceh memang ada penurunan angka kemiskinan dibandingkan Maret 2019. Demikian juga dari September 2018 dengan 2019, artinya jumlah penduduk miskin di Aceh itu sudah berkurang," tuturnya.

Dirinya menyebutkan, jika melihat trend, kemiskinan Aceh itu berawal pasca terjadinya musibah tsunami 2004 silam. Karena infrastruktur dan perekonomian masyarakat saat itu cukup terbebani.

"Tapi dari sejak tsunami itu pemerintah memang melakukan upaya rekaperi, dan itu polanya sudah menurun, sampai sekarang," pungkas Ihsanurijal.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meragukan data hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan Aceh masih menjadi provinsi termiskin di Sumatera. Kedepan akan dilakukannya survei pembanding.

Hal itu disampaikan Nova Iriansyah dalam sambutan peresmian 100 persen listrik desa, di Kantor PLN UIW Aceh, Rabu kemarin (23/1).

Nova menduga, terdapat bias dalam catatan yang dilakukan BPS, karena itu dirinya sudah meminta perguruan tinggi di Aceh untuk membuatmu survei pembanding terhadap apa yang telah dilaksanakan BPS.

"Menduga ada bias dalam cacatan yang dilakukan BPS. Saya mohon bantuan perguruan tinggi untuk melakukan survei pembanding terhadap apa yang dilakukan BPS," kata Nova.

Komentar

Loading...