Unduh Aplikasi

Plt Gubernur: Pariwisata Aceh Perlu Dioptimalkan

Plt Gubernur: Pariwisata Aceh Perlu Dioptimalkan
Plt Gubernur Aceh saat menyerahkan anugerah wisata halal Aceh 2019 kepada pelaku usaha

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menilai sektor parawisata menjadi salah satu potensi yang akan perlu dioptimalkan untuk masa depan Aceh.

Nova mengatakan, Aceh sangat berpotensi meraih keuntungan dari sektor parawisata, karena saat ini cukup banyak objek wisata yang dapat menarik perhatian wisatawan.

"Setidaknya ada lebih dari 978 objek wisata yang terdapat di daerah kita ini, baik itu wisata bahari, wisata alam, wisata budaya, wisata religius, wisata kuliner, cagar budaya dan sebagainya," kata Nova saat memberikan sambutan pada malam aku anugerah wisata halal Aceh 2019, Jum'at (7/12).

Nova menyampaikan, status Aceh sebagai daerah syariat Islam juga menjadi salah satu keunikan yang bisa diandalkan untuk menghadirkan daya tarik para wisatawan. Apalagi Aceh sukses menyabet penghargaan bergengsi sebagai destinasi halal terbaik dunia pada Festival World Halal Travel di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab tahun 2016 lalu.

Sementara di tingkat nasional, Aceh selama dua tahun berturut-turut berhasil meraih prestasi sebagai destinasi wisata halal unggulan nasional berdasarkan standar
Indonesia Muslim Travel Index (IMTI).

"Berbagai prestasi itu tentu semakin mendorong semangat kita untuk mempromosikan parawisata Aceh.
Dengan mengusung tagline “The Light of Aceh” daya tarik itu terus kita pasarkan ke dunia internasional, sehingga kunjungan wisatawan meningkat," ujarnya.

Nova menyebutkan, hingga desember 2019 ini, jumlah kunjungan wisatawan ke Aceh mencapai 3 juta orang, termasuk 150 ribu diantaranya wisatawan mancanegara. Tahun depan, target itu bisa ditingkatkan lagi, sehingga Aceh mampu berkontribusi terhadap suksesnya parawisata nasional.

Seiring semangat ini, kata Nova, guna mengoptimalkan potensi wisata, berbagai infrastruktur dan pelayanan publik di kawasan wisata juga akan ditingkatkan.

Karena itu, dukungan bagi pelaku usaha wisata lokal juga harus diperkuat, sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik terhadap setiap tamu yang datang.

"Saya ingatkan lagi, bahwa fokus pengembangan kita adalah wisata halal. Maka itu, wisatawan yang kita pikat tentunya adalah mereka yang tertarik dengan budaya halal," tandasnya.

"Untuk itu, sertifikasi halal harus kita tingkatkan di semua sektor usaha wisata. Para kepala daerah saya harap bisa Mau
mendukung proses sertifikasi. Semua usaha wisata kita bisa mendapatkannya," sambung Nova.

Pada malam penganugerahan wisata halal Aceh 2019 ini, Pemerintah Aceh juga telah melaunching logo baru atau simbol kampanye wisata halal Aceh.

"Logo ini nantinya akan kita pamerkan diberbagai tempat sebagai teaser atau pemikat bagi banyak orang untuk melirik parawisata Aceh," ucapnya.

"Dengan majunya parawisata Aceh, tentunya akan menghadirkan multiflyer effect bagi sektor bisnis lainnya, termasuk di bidang investasi," tutup politikus Partai Demokrat itu.

 

Komentar

Loading...