Unduh Aplikasi

Plt Gubernur Aceh Luncurkan Aceh Hebat 1

Plt Gubernur Aceh Luncurkan Aceh Hebat 1
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah pada peluncuran KMP Aceh Hebat 1 di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu, 3/10/2020. Foto: Wen Genali.

TANJUNG BALAI KARIMUN-Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah meluncurkan KMP Aceh Hebat 1 di Pantai Tanjung Lolong, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Kapal ini adalah satu dari tiga kapal milik rakyat Aceh yang sedang dituntaskan pembuatannya. 

“Saya sangat bersyukur. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” kata Nova, didampingi Barli Hasan, Direktur Utama PT Multi Ocean Shipyard, Sabtu, 3 Oktober 2020.

Nova mengatakan baru hari ini Aceh memiliki kapal sendiri. Pembangunan KMP Aceh Hebat 1 menggunakan uang rakyat Aceh dan didisain khusus; disain kekinian. KMP Aceh Hebat 1 juga menjadi kapal terbesar yang melayani penyeberangan dari daratan ke pulau-pulau terluar Aceh. 

Selama ini, kata Nova, kapal yang beroperasi di Aceh adalah milik ASDP dan bantuan dari Kementerian Perhubungan Aceh, KMP BRR. “Hari ini adalah tahap paling penting. Setelah ini, kapal akan menjalani serangkaian tes di laut sebelum diantar ke Aceh.” 

Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi mengatakan Pemerintah Aceh membangun tiga unit kapal ro-ro untuk melayani tiga lintasan, yakni Aceh Hebat 1 berkapasitas 1300 GT yang dibangun pada Galangan PT. Multi Ocean Shipyard di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau melayani lintasan Pantai Barat–Simeulue KMP. 

Kedua Aceh Hebat 2 berkapasitas 1100 GT yang dibangun pada Galangan PT Adiluhung Saranasegara Indonesia di Madura, Jawa Timur, melayani lintasan Ulee Lheue–Balohan (Sabang). Dan KMP Aceh Hebat 3 berkapasitas 600 GT yang dibangun pada Galangan PT Citra Bahari Shipyard di Tegal, Jawa Tengah melayani lintasan Singkil–Pulau Banyak.

Diharapkan 3 unit kapal ini mampu memperkuat konektivitas maritim di Aceh untuk pengembangan potensi ekonomi wilayah, pariwisata dan mengurangi kesenjangan pembangunan antara wilayah daratan dengan kepulauan di Aceh.

Bahkan, kehadiran 3 kapal tersebut kehadiran kapal ini pun sangat bermanfaat untuk kebutuhan evakuasi dan distribusi logistik kemanusiaan dari dan ke wilayah kepulauan di Aceh, mengingat Aceh sebagai daerah yang rawan bencana.

“Insya Allah, akan ada kapal-kapal dan transportasi lain yang dibutuhkan masyarakat Aceh,” kata Junaidi. 

Komentar

Loading...