Unduh Aplikasi

Plt Dirjen Pas: Petugas Lapas dan Rutan di Minta Waspadai Virus Corona

Plt Dirjen Pas: Petugas Lapas dan Rutan di Minta Waspadai Virus Corona
Plt. Dirjen Pas Kemenkumham RI, Nugroho. Foto; AJNN/Tommy.

BANDA ACEH - Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pemasyarakatan KemenkumHam RI, Nugroho telah melayangkan Surat Edaran ke setiap Lapas dan Rutan di Indonesia untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung.

"Sarana dan prasarana yang dimaksud dengan menyediakan alat deteksi suhu tubuh dan cairan antiseptik tangan ditempat orang berkumpul di dalam lapas maupun rutan," kata Nugroho usai sertijab Kakanwil Kemenkumham Aceh, di Banda Aceh, Kamis (12/3).

Menurut Nugroho, alat deteksi dini tubuh dinilai cukup penting di sediakan untuk mengetahui suhu tubuh pengunjung lapas dan rutan. Bagi pengunjung dengan suhu di atas batas, tidak diijinkan masuk dan dilakukan pemeriksaan sebagai upaya antisipasi pencegahan.

"Kami tidak melakukan pembatasan kunjungan ke lapas maupun rutan. Yang terpenting bagaimana petugas lapas dan rutan melakukan upaya pencegahan sesuai standar yang ditetapkan dan jangan membuat panik," sebut Nugroho

Selain itu, kata Nugroho, pihaknya meminta kepada Kalapas dan Karutan untuk melakukan sosialisasi kepada warga binaan cara pencegahan dengan menjaga kebersihan lingkungan.

"Sosialisasi kebersihan penting untuk antisipasi penyebaran virus corona. Kalapas dan Karutan diminta melakukan koordinasi dengan pihak dinkes kesehatan jika ditemukan ada gejala demam tinggi," katanya.

Dari lapas dan rutan yang ada di Aceh, baru Lapas Kuala Simpang dan Lapas Khusus Anak (LPKA) Lambaro yang memiliki pengukur suhu badan. Setiap pengunjung dites mengunakan infrared thermometer.

"Diharapkan seluruh lapas harus menyediakan alat pengukur suhu badan. Dalam melakukan pencegahan jangan buat kepanikan," ungkapnya.

 

 

Komentar

Loading...