Unduh Aplikasi

PLN Sebut Faktor Alam Penyebab Listrik Sering Padam di Sungai Mas

PLN Sebut Faktor Alam Penyebab Listrik Sering Padam di Sungai Mas
Sejumlah pohon menganai tali rentang saluran tegangan menengah di Sungai Mas. Foto: For AJNN

ACEH BARAT - Perusahaan Listrik Negara (PLN) ULP Meulaboh, mengatakan pemadaman listrik di Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, yang selama ini terjadi di luar jadwal disebabkan faktor cuaca dan alam.

Manager PLN ULP Meulaboh Fahrizal, mengatakan kondisi alam yang menyebabkan pemadaman listrik tanpa jadwal perencanaan karena jaringan sering dilintasi hewan dan perpohonan serta cuaca.

"Untuk padam yang tidak kami rencana hampir semua diakibatkan oleh faktor cuaca dan alam, seperti binatang dan perpohonan, seperti yang kita tahu cuaca daerah Sungai Mas intensitas hujan dan anginnya sangat tinggi, sehingga sangat rawan dengan jaringan listrik yang kami supplay," kata Fahrizal kepada AJNN, Senin (27/4).

Selama ini, dirinya mengungkapkan kalau pihaknya tidak pernah melakukan pemadaman listik tanpa disengaja terkecuali adanya pemeliharan untuk penggantian material potensi terjadi gangguan.

"Kami memang telah berencana melakukan pemadaman sementara dalam kegiatan penggantian materal, dimana nantinya pemadaman itu pun hanya terjadi dalam kurun waktu 3 jam pengerjaan di pagi atau siang hari," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya saat ini sedang melakukan usaha maksimal terkait seringnya pemadaman yang disebabkan oleh faktor alam dan telah dirasakan selama enam bulan terakhir oleh warga enam desa di Kecamatan Sungai Mas.

Baca: Listrik Sering Padam, Warga Sungai Mas Tarawih dalam Gelap

"Semenjak satu minggu ini sudah kami jalankan tim khusus perintisan dengan mobil beranggotakan empat petugas yang fokus memotong pohon yang bisa menimbulkan gangguan jaringan, dan akan kami fokus sampai dengan ujung jaringan," jelasnya.

Kemudian, kata dia, ada beberapa titik recloser yang dipindahkan dan dilakukan penyetingan kembali untuk meminimalisir lama dan luas daerah yang padam akibat gangguan jaringan.

"Kami berkomitmen dan berusaha keras agar listrik di seputaran Aceh Barat dapat disupplay secara terus menerus ke masyarakat di bulan suci Ramadan ini," ujarnya.

Kata Fahrizal, apabila terjadi gangguan yang di luar kontrol, mereka terus mengusahakan memperbaiki dan menormalkan kembali secepat mungkin,

"Dan kami memohon maaf atas ketidaknyamannya akibat padam beberapa hari lalu, kami mohon bantuan dan kerjasama apabila ada pohon yang ditebang oleh petugas kami, karena dekat dengan jaringan PLN untuk dapat diiklaskan karena untuk kenyamanan kita bersama, terimakasih," ucap Fahrizal.

Komentar

Loading...