PLN Sandaran Jokowi Dalam G20 dan COP 26

PLN Sandaran Jokowi Dalam G20 dan COP 26
Salamuddin Daeng. Foto: Net

Oleh : Salamuddin Daeng 

Presiden Jokowi ke luar negeri dalam rangka memimpin G20, sebuah amanah yang besar bagi Jokowi dan Indonesia dalam memulihkan ekonomi dunia yang dilanda pandemi covid-19. 

Salah satu agenda utama G20 kali ini adalah mengusung isu perubahan iklim atau Climate Change.  Indonesia akan menjadi salah satu tulang punggung dunia dalam menyukseskan agenda ini.

Beberapa waktu lalu Inggris memberikan gelar kepada Indonesia sebagai Climate Change Super Power. Inggris memandang bahwa  Indonesia merupakan kekuatan utama yang akan menyelamatkan dunia dari bencana perubahan iklim. Sehingga negara super power Inggris harus memberikan gelar super power baru kepada Indonesia. 

Lalu apa sandaran Indonesia dalam rangka menyukseskan agenda global ini, tidak lain adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor energi. Tentu saja yang paling diandalkan adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN). 

Hal ini sangat mendasar, karena  di masa mendatang semua akan menggunakan listrik. Rumah tangga, transportasi, darat laut dan udara, industri, hingga urusan pedagang kaki lima akan menggunakan listrik. 

Baca Selanjutnya...
Halaman 123

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini