Unduh Aplikasi

Pleno Kecamatan, Tiga Saksi Pemenangan Tak Hadir

Pleno Kecamatan, Tiga Saksi Pemenangan Tak Hadir
Maaykur memperlihatkan kotak suara Pilkada Pidie Jaya 2018 dikembalikan ke KIP setempat setelah pleno di tingkat kecamatan. Foto: Muksalmina

PIDIE JAYA - Sejumlah saksi pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Pidie Jaya tidak menghadiri rapat pleno yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua PPK Trienggadeng, Samsul Bahri kepada AJNN, Jumat (29/6) mengatakan, rekapulasi hasil perhitungan suara Pilkada Pidie Jaya 2018 di kecamatan tersebut dilakukan hari ini. Namun, dalam rapat pleno tersebut hanya saksi pasangan Aiyub Abbas-Said Mulyadi yang hadir pada pleno tersebut.

"Dari empat saksi pasangan calon, hanya pasangan nomor urut dua yang hadir saat rapat pleno tadi," kata Samsul Bahri.

Katanya, sebelum melakukan rekapulasi, pihaknya telah menghubungi keempat saksi pasangan calon. Namun, lebih dari satu jam ditunggu, saksi lain selain saksi pasangan nomor urut 2 tidak kunjung hadir.

"Sudah satu jam lebih kami tunggu, mereka tidak datang juga. Setelah mendapat izin dari Panwascam, kami langsung melakukan rekapulasi data," jelasnya.

Kasubag Program dan Data Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya, Masykur yang dikonfirmasi AJNN mengatakan, rapat pleno kecamatan telah dilakukan, dan kotak suara juga telah dikembalikan ke KIP, hanya Kecamatan Meureudu yang belum melakukan rekapulasi.

Katanya, meski rapat pleno kecamatan tidak dihadiri saksi pemenangan, hal itu tidak bisa menghambat rekapulasi suara.

"Saksi tidak datang itu tidak masalah, yang penting sudah diberitahukan, dan PPK juga telah menunggu saksi hingga satu jam lebih," katanya.

Dijelaskannya, hasil rekapulasi kecamatan tidak berbeda jauh dari hasil real count KIP Pidie Jaya.

"Hasil rekapulasi kecamatan hanya berbeda satu atau dua suara dari hasil real count sebelumnya," jelas Masykur.

"Namun hasil ini bersifat sementara, hasil resmi ditetapkan dalam rapat pleno KIP yang akan dilaksanakan tanggal 6 sampai 8 Juni 2018," tambahnya.

Komentar

Loading...