Unduh Aplikasi

PKPA Aceh Gelar Pelatihan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang

PKPA Aceh Gelar Pelatihan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang
ACEH BESAR - Pusat Kajian dan Perlindungan Anak Aceh (PKPA) Aceh bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan & Kebudayaan menggelar kegiatan Pelatihan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Tujuan kegiatan itu adalah memperkuat jaringan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan orang (PTPPO), dan mendukung lembaga/organisasi mitra melakukan pencegahan PTPPO di Kabupaten Aceh Besar (9/8).

Koordinator Program Teungku Helmi, mengatakan sasaran yang dilatih PTPPO adalah stakeholder dari unsur pemerintah, aparat penegak hukum, lembaga pendidikan, komite sekolah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan orang tua anak. Pelatihan yang berlangsung dua bulan itu pada akhirnya akan diproduksikan film Animasi yang menceritakan PTPPO untuk disosialisasikan kemasyarakat & kesekolah-sekolah di Aceh Besar.

“Selama satu minggu kedepan kami focus melatih perwakilan para siswa-siswi sekolah di Aceh Besar tentang PTPPO guna menjadi fasilitator di sekolah masing-masing yang mereka wakilkan. Pendidikan pencegahan tersebut sangat penting dilakukan melihat kondisi tahun terakhir banyaknya kasus-kasus perdagangan yang terjadi di Indonesia khususnya Aceh,” kata Helmi

Menurutnya sudah saatnya generasi-generasi masa depan Aceh untuk melakukan pencegahan sebelum kasus perdangangan orang meningkat.

"Makanya pelatihan PTPPO menjadi penting untuk diedukasikan kepada siswa-siswi sekolah dan masyarakat juga stakeholder lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Manager Program PKPA Aceh Sulaiman Zuhdi Manik, menyampaikan PTPPO yang dilaksankan di Aula SMKN Al-Mubarkeya adalah tahun yang kedua, sebelumnya juga sudah pernah dilakukan.

"Kami dari PKPA Aceh yang konsen terhadap isu perlindungan anak, terus melakukan upaya-upaya pencengahan yang membahayakan kepada perlindungan anak," ujarnya.

Kabid Program Dinas Pendidikan Aceh Besar Bapak Satria Jaya, yang membuka langsung acara PTPPO mengatakan pihaknya akan terus mendukung sosialisasi dan pelatihan yang menyangkut dengan pecegahan dini.

"Keterlibaan semua unsur menjadi sangat penting atas komitmen bersama, kami juga meminta dari pihak kepolisian untuk turun langsung ke sekolah-sekolah dan masyarakat mensosialisasikan PTPPO sebagai langkah kesiriusan yang akan dihadapi kedepan," harapnya.

Komentar

Loading...